Comscore Tracker

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!

Banyak silaturahmi yang putus karena utang

Samarinda, IDN Times - Tidak semua yang kita rencanakan akan berjalan mulus sesuai rencana. Termasuk juga dalam hal finansial, ada kalanya pada saat terdesak kita membutuhkan bantuan dana. Namun bagaimana jika sebaliknya, justru teman atau saudara yang membutuhkan bantuan finansial?  Tentu kita ingin membantu.

Sayangnya banyak sekali hubungan pertemanan atau persaudaraan rusak karena utang. Bagaimana cara mengatasi hal-hal ini terjadi? Simak 5 tips di bawah ini :

1. Beri sebagai hadiah, alih-alih utang

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!freepik.com/racool_studio

Saat teman atau saudara hendak meminjam uang namun kamu enggan atau memang tidak memiliki dana untuk dipinjamkan, beri bantuan dengan memberi seikhlasnya saja.

Tidak berharap uang akan kembali, ikhlas untuk membantu agar mereka terbebas dari kesulitan finansial. Jika suatu saat uang dikembalikan, itu adalah bonus. Pepatah mengatakan, "Never loan money you can't afford to lose."  Kamu setuju ?

2. Buat perjanjian tertulis

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!unsplash.com/Cytonn Photography

Sebelum meminjamkan uang, catat detailnya di atas kertas sebelum menyerahkan uang. Hal ini untuk meminimalkan kebingungan di kedua belah pihak. Kamu tidak perlu menyewa pengacara untuk kesepakatan ini, tujuannya menulis perjanjian secara tertulis adalah untuk menghindari perselisihan di masa depan ketika ingatan telah memudar. 

Tulis secara spesifik nominal uang juga tanggal pembayaran yang disepakati bersama. Perjanjian tertulis ini juga menjadi bukti penting jika di kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Super Cozy di Samarinda

3. Perjelas jangka waktu pembayaran

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions

Sampaikan kepada teman atau saudara yang meminjam uang kapan akan melunasi utang. Karena bisa saja semakin lama waktu berlalu dan hal-hal yang dilalui membuat lupa kapan akan membayar utang.

Jangan segan untuk bertanya tentang hal ini daripada menyesal di kemudian hari.

4. Bayar dengan metode angsuran

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!unsplash.com/Alexander gray

Jika nominal uang yang dipinjam cukup besar dan tidak memungkinkan untuk membayar dalam satu waktu. Beri kemudahan dengan memecah pembayaran menjadi beberapa kali angsuran.

Mungkin dapat diangsur dengan perjanjian membayar sejumlah nominal tiap bulannya.  

5. Barter dengan project 

Atasi Hubungan Retak karena Utang dengan 5 Tips Berikut!usnplash.com/Alexander Andrews

Alternatif lainnya jika pembayaran utang dengan uang cash dirasa tidak lagi memungkinkan, kesepakatan lain mungkin dapat dilakukan. Melakukan barter dengan pekerjaan mungkin dapat menjadi pertimbangan. Contohnya, jika pada saat itu kamu sedang membutuhkan jasa fotografer dan teman atau saudara kamu handal dalam bidang fotografi. Kamu dapat menggunakan jasanya sebagai ganti pelunasan utang, win-win solution bukan?

Kehilangan uang memang sangat menyebalkan, namun rusaknya hubungan pertemanan atau kekerabatan karena uang adalah hal yang menyakitkan. Jadi, yuk hindari kesalahpahaman dan masalah karena utang dengan 5 tips di atas!

Semoga kita semua dihindarkan dari utang dan dimudahkan rezekinya. 

Baca Juga: 7 Tempat Ngabuburit di Balikpapan

Puteri rii Photo Community Writer Puteri rii

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya