5 Mobil Mewah Diselundupkan Lewat Perbatasan Kalbar, Ada Mobil Hummer

Bea Cukai Kalbar gagalkan penyelundupan mobil mewah

Pontianak, IDN Times - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) mengamankan 5 mobil mewah hasil penyelundupan dari Malaysia memasuki Kalimantan Barat (Kalbar). Pelbagai jenis mobil mewah seharga miliar rupiah ini dari jenis Land Cruiser, BMW, Mercedes, hingga Hummer.

Sebanyak 5 unit mobil mewah ini adalah hasil penangkapan DJBC sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2023. Mobil mewah tersebut tak memiliki dokumen, hingga saat ini pun belum diketahui pemilik dari mobil tersebut.

“Tahun lalu kami mengamankan 7 unit mobil luar negeri, dan di tahun ini baru sampai Agustus sudah 5 unit mobil yang kami amankan,” jelas Kepala DJBC Kalbagbar Imik Eko Putro, Selasa (12/9/2023).

1. DJBC mengamankan 5 mobil mewah tanpa dokumen

5 Mobil Mewah Diselundupkan Lewat Perbatasan Kalbar, Ada Mobil HummerKepala DJBC Kalbagbar, Imik Eko Putro memantau kondisi salah satu mobil mewah yang diselundupkan dari Malaysia. (IDN Times/Teri).

Imik Eko menerangkan, pihaknya sudah mengamankan sebanyak 5 unit mobil mewah dari pengawasan dan penindakan yang masuk lewat perbatasan Kalbar secara ilegal.

Hingga saat ini, pihak DJBC pun belum bisa mengungkap siapa pemilik dari mobil mewah tanpa dokumen tersebut. Sebanyak 5 unit mobil mewah dari luar negeri ini di antaranya adalah Nissan Silvia, BMW, Mercedes, Toyota Land Cruiser dan Hummer.

“Tahun lalu kami mengamankan 7 unit mobil luar negeri, dan di tahun ini  baru sampai Agustus sudah 5 unit mobil yang kami amankan,” terang Imik.

Baca Juga: Protes Kebakaran Hutan, Seniman Pontianak Melukis dengan Jelaga

2. Total nilai barang mewah berkisar Rp5 miliar

5 Mobil Mewah Diselundupkan Lewat Perbatasan Kalbar, Ada Mobil HummerDirektorat Jenderal Bea Cukai Kalbar menggelar konferensi pers penindakan barang ilegal. (IDN Times/Teri).

Imik memaparkan, kendaraan  roda empat yang diselundupkan dari luar negeri secara ilegal ini adalah mobil mewah dengan harga tertinggi miliaran rupiah.

Mobil dengan Merk Hummer, BMW Coupe (EP2), Nissan Silvia S15, Land Cruiser, dan Mercedes-Benz diperkiraan nilai barang-barang tersebut sebesar Rp5 miliar.

Mobil-mobil tersebut diselundupkan melalui perbatasan Malaysia masuk ke wilayah Kalbar. Hingga saat ini pelaku masih belum diungkap, dan pihak DJBC masih terus melakukan penyelidikan.

3. Modus penyelundupan 5 mobil mewah

5 Mobil Mewah Diselundupkan Lewat Perbatasan Kalbar, Ada Mobil HummerSelain memaparkan pengungkapan penyelundupan mobil mewah, bea cukai Kalbar juga ungkap kasus rokok ilegal. (IDN Times/Teri).

Imik memaparkan modus yang digunakan para pelaku untuk menyelundupkan sejumlah mobil mewah tersebut, salah satunya adalah dengan mengangkut mobil dari jalur perbatasan Kalbar menggunakan kontainer, dan dibawa ke Pelabuhan Dwikora Pontianak.

“Dua unit mobil luar negeri tanpa dokumen terbaru ini kami amankan di Pelabuhan Dwikora Pontianak,” paparnya. 

Kabid Penindakan dan Penyidikan, Iwan Setiawan enggan membeberkan terkait kronologi penyelundupan mobil, pemilik mobil, hingga akan dibawa ke mana mobil-mobil mewah tersebut. Namun sudah ada beberapa orang yang sudah dilakukan pemeriksaan.

“Belum saatnya, nanti kami pasti ungkapkan untuk kronologi dan untuk dibawa ke mana dan siapa pelakunya, saat ini masih proses penyidikan. Barang buktinya ada di Gudang kami,” tutupnya.

Baca Juga: Sleep Call Roadshow ke Pontianak, Fajar Beberkan Sifat Rachel Vennya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya