TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disdikbud Kaltim: Hasil PPDB Telah Diumumkan dan Perlu Evaluasi Vendor

Agar tak terulang di PPDB online tahun berikutnya

Ilustrasi pengumuman PPDB. IDN Times/Maulana

Samarinda, IDN Times- Beragam permasalahan terjadi pada PPDB Online SMA/ SMK di Kalimantan Timur. Meskipun diwarnai polemik hari ini Senin (8/7) telah dilakukan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Problem di lapangan seperti gangguan input data, server error, sehingga nama anak tidak terdaftar, keluarga miskin dan bina lingkungan yang tidak mendapatkan sekolah, kuota tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya, dan berbagai permasalahan lain yang menyebabkan keresahan dan kekecewaan orangtua murid dan calon anak didik.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur M. Sabani mengatakan, "Masalah PPDB online sudah selesai, hari ini sudah diumumkan," jelasnya saat dihubungi IDN Times via telepon Senin (8/7).

Baca Juga: Bikin Galau Calon Siswa Baru, Ini 5 Fakta Tentang Sistem Zonasi PPDB

1. Perlu dilakukan evaluasi PPDB online

kaltimprov.go.id

Sabani menjelaskan memang ada gangguan pada proses pendaftaran PPDB sehingga menyebabkan sejumlah permasalahan.

"Itu kan ada sistemnya dari vendor tapi ada gangguan. Di hari pertama, kedua, ketiga tidak full, ada gangguan sehingga agak kacau. Saya tidak tahu persis apakah jaringan atau sistemnya ada masalah tapi sudah diselesaikan dan hari ini pengumuman," ujar Sabani. 

Ia mengatakan tentu akan melakukan evaluasi terkait problem yang terjadi saat proses PPDB agar tak terulang di kemudian hari.

"Pertama vendor atau penyedia jasa tentu akan kita perhatikan betul mana yang qualified dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi," kata Sabani.

Baca Juga: Zonasi PPDB Ricuh, Kadisdik Jateng Didesak Mundur

Berita Terkini Lainnya