TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunjungan Dubes Norwegia ke Kaltim, Jajaki Investasi di Ibu Kota Baru

Berminat di bidang energi terbarukan dan kota modern

Pertemuan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan jajaran, Balikpapan, Kamis 22 Januari 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Balikpapan, IDN Times - Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Norwegia telah terjalin sejak tahun 1950. Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale, beserta para anggota Parlemen Norwegia, dan rombongan, mengunjungi Kalimantan Timur untuk melihat langsung persiapan Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara (IKN). 

Dubes Vegard Kaale mengatakan, "Kemitraan dengan Indonesia antara lain di bidang iklim terutama untuk masalah pengurangan emisi. Dan Kalimantan Timur adalah salah satu partner utama bagi Norwegia," jelasnya pada wartawan saat ditemui setelah acara diskusiSupporting Forest Governance Toward Sustainable Landscape Development in East Kalimantan, di Hotel Novotel Balikpapan, pada Kamis (22/1).

Baca Juga: Investasi Perusahaan Listrik Jepang di Kaltim Terkendala Undang-Undang

1. Norwegia menjajaki kerja sama yang bisa dilakukan di Kaltim

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale saat kunjungan ke Kalimantan Timur (IDN Times/Mela Hapsari)

Vegard menyampaikan terima kasihnya atas sambutan yang baik dari Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Pada kunjungannya kali ini ia ingin menjajaki peluang kerja sama yang bisa dilakukan oleh Norwegia dengan Kalimantan Timur terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). 

"Kami juga sudah mendengarkan dari Gubernur Kaltim bahwa pembangunan IKN semangatnya sangat modern, hijau, dan juga berkelanjutan. Jadi dalam kesempatan ini kami juga akan menggali lebih lanjut langkah-langkah ke depan seperti apa. Pak Gubernur sangat terbuka dan mengundang kami untuk memberikan masukan kira-kira apa yang bisa dikerjasamakan," jelasnya. 

2. Januari ini, Indonesia-Norwegia merayakan 70 tahun hubungan bilateral

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale, saat kunjungannya ke Kalimantan Timur (IDN Times/Mela Hapsari)

Vegard menjelaskan bahwa Januari ini, Norwegia dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan bilateral.  "Jadi ini merupakan momentum yang cukup baik untuk melihat capaian dari hubungan ini dan bagaimana kita memperkuat kolaborasi kita di kemudian hari," katanya.

Ia menambahkan, "Sejauh ini kerja sama telah terjalin baik dan erat. Bukan hanya dengan pemerintah pusat tetapi juga provinsi-provinsi di Indonesia. Kami ingin mempererat kerja sama dan kolaborasi ini," katanya.

Pemerintah Norwegia bekerja sama dengan Indonesia terutama menyangkut masalah lingkungan. Vegard menyebutkan, "Kerja sama yang terjalin tidak hanya di bidang iklim saja, tetapi juga maritim, energi, perikanan, dan aquaculture," katanya. 

 

 

Baca Juga: Pemprov Kaltim Jamin Tak Merusak Paru-paru Dunia untuk Pembangunan IKN

Berita Terkini Lainnya