TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

100 Petugas Semprotkan Disinfektan di Wilayah Balikpapan Barat

Basmi virus corona, penyemprotan digelar seminggu

Penyemprotan disinfektan di Pasar Kebun Sayur oleh Wali Kota Balikpapan, Rabu 25 Maret 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times – Peningkatan jumlah penderita virus corona terutama Orang dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Kota Balikpapan membuat Pemkot Balikpapan terus mengintensifkan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah.

“Penyemprotan ini dilakukan untuk wilayah Balikpapan Barat dengan melibatkan sebanyak 100 orang petugas dari BPBD Kota Balikpapan, TNI Polri, BUMN dan BUMD serta relawan,” ujar  Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat ditemui disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan di Balikpapan Barat, Rabu (25/3).

Baca Juga: Jumlah ODP Virus Corona di Balikpapan Meningkat Jadi 732 Orang

1. Penyemprotan disinfektan dilakukan selama seminggu

Penyemprotan disinfektan di Balikpapan Barat, Rabu 25 Maret 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di wilayah Balikpapan Barat akan dilanjutkan di 5 wilayah kecamatan lainnya. Penyemprotan diutamakan di tempat umum seperti pasar, kantor, sekolah termasuk tempat ibadah dan pondok pesantren.

“Kami perkirakan penyemprotan ini akan dilakukan selama satu minggu lagi agar semua wilayah di Balikpapan ter-cover semua bisa disemprot disinfektan. Saat ini baru 30 sampai 40 persen wilayahBalikpapan yang sudah dilakukan penyemprotan,” ujar Rizal.

Ia menjelaskan penyemprotan yang sudah dilakukan sebelumnya masih bersifat sporadis terutama wilayah Balikpapan Selatan dan beberapa tempat di wilayah Balikpapan Kota.

2. Pencegahan virus corona perlu peran serta masyarakat

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ikut menyemprotkan disinfektan di Pasar Kebun Sayur, Balikpapan Barat, pada Rabu 25 Maret 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Penanganan virus corona atau COVID-19 ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemkot Balikpapan, TNI/Polri saja, namun juga perlu adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat , baik kalangan pribadi, swasta dan perusahaan.

“Sudah saatnya seluruh elemen masyarakat di Balikpapan untuk turut serta dalam memerangi wabah virus corona di Balikpapan, kami yakin jika seluruh masyarakat turut serta membantu memberantasnya minimal dengan melakukan social distancing dan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta mencuci tangan selama 20 detik, maka penyebaran virus ini bisa diminimalisir,”ujar Wawali Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Rahmad juga mengimbau kalangan pengusaha di Balikpapan untuk turut serta mengulurkan tangannya membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan wabah corona ini.

“Sudah saatnya kalangan pengusaha di Balikpapan turut serta membantu pemerintah dalam penanggulangan virus corona. Memang sudah ada yang memberikan bantuan namun diperlukan lebih besar lagi peran sertanya,” ujar Rahmad.

Baca Juga: Cegah Corona, Pasar Tradisional di Balikpapan Disemprot Disinfektan 

Berita Terkini Lainnya