TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

400 Pedagang Pasar di Balikpapan Dapat Suntikan Vaksin COVID-19

Pasar belum terapkan 50 persen pengunjung

Para pedagang Pasar Sepinggan Balikpapan dapat suntikan vaksin COVID-19. (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Para pedagang di Pasar Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) memperoleh suntikan vaksinasi COVID-19. Satgas Balikpapan menyiapkan 400 dosis vaksinasi bagi kelompok pedagang pasar ini. 

“Pedagang pasar dan warga yang di sekitar pasar juga ikut vaksinasi, antusiasnya cukup baik dengan dosis yang kita siapkan 400,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota, Andi Sri Juliarty, Kasatpol PP Zulkifli disela-sela peninjauan pelaksanaan vaksinasi, Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: Membeludak, RSKD Balikpapan Rawat Pasien COVID-19 di Selasar

1. Vaksin pedagang bertahap

Proses vaksinasi COVID-19 di Pasar Sepinggan Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan, vaksinasi bertujuan mempercepat terciptanya kekebalan kelompok pandemik COVID-19. Langkah ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus. 

“Semua pedagang pasar akan divaksin dan dilakukan secara bertahap, supaya vaksinasi massal program pemerintah ini bisa berjalan di seluruh indonesia,” jelasnya.

Sebanyak 76 persen pelayanan publik di Balikpapan, menurut Rahmad, sudah memperoleh suntikan vaksinasi COVID-19. Pelayan publik ini di dalamnya terdapat profesi pedagang pasar. 

2. Penumpang pesawat bisa memperoleh suntikan vaksinasi di Balikpapan

Suntikan vaksinasi di Mako Pangkalan TNI AU Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Selepas dari Pasar Sepinggan, Rahmad pun meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mako Lanud TNI AU Dhomber Balikpapan. Vaksinasi di pangkalan militer ini penting mengingat posisinya yang berdekatan dengan Bandara Sepinggan Balikpapan. 

Sehingga calon penumpang pesawat bisa meminta penyuntikan vaksinasi di pangkalan ini. Seperti diketahui, vaksinasi menjadi syarat wajib calon penumpang pesawat menuju Jawa dan Bali. 

“Selama bisa menunjukkan tiket pesawatnya maka akan dilayani vaksinasi,” tukasnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Balikpapan Melonjak, Pesanan Peti Mati Ikut Naik

Berita Terkini Lainnya