TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Legislatif Menunggu Jawaban soal Nama Pengganti Wawali Balikpapan

Dua tahun jabatan Wawali Balikpapan kosong

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, serah terima memori jabatan dari pejabat lama Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sidang paripurna DPRD Balikpapan pada 2 Juni 2021(IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan tiga nama bakal calon Wakil Wali Kota Balipapan kepada pihak eksekutif. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud diminta setidaknya memilih dua nama yang nantinya diserahkan kembali kepada DPRD Balikpapan. 

Legislatif Balikpapan mengusulkan tiga nama, yakni Budiono (PDIP), Sabaruddin Panrecalle (Partai Gerindra), dan Denni Mappa (Partai Demokrat).

“Ada tiga nama sudah dikirimkan kepada walikota, ya tinggal tugas dari wali kota untuk menyeleksi dua nama yang akan dikirimkan kembali ke DPRD," kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdollah, Selasa (10/5/2022). 

1. Akan bentuk Tim Pansel DPRD Balikpapan

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha (kedua kiri) dan Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh (dua dari kanan) serta komisioner KPU Balikpapan saat kegiatan Coklit Pilkada 2020 (IDN Times/Haikal)

DPRD Balikpapan sendiri, menurut Abdulloh, sudah langsung membentuk tim panitia seleksi (Pansel) guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu Wali Kota Balikpapan menyampaikan nama dipilih. Meskipun memang, Wali Kota Balikpapan belum mengirimkan dua nama yang dipilih, sehingga pihaknya belum bisa melanjutkan prosesnya.

“Selama belum ada nama yang diserahkan oleh wali kota, belum bisa kita memproses, tetapi untuk kepanitiaan tetap kita siapkan. Sehingga suatu saat kapan saja wali kota mengirimkan 2 nama, kami sudah siap,” ucapnya.

2. Dewan juga berencana akan rubah tatib

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan mendiang Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih Thohari Aziz. (IDN Times/Istimewa)

DPRD Balikpapan mendukung sepenuhnya dalam pemilihan calon Wakil Wali Kota Balikpapan. Seperti diketahui, Wakil Wali kota Balikpapan terpilih Thohari Aziz meninggal dunia meninggal dunia sebelum prosesi pelantikan Gubernur Kaltim. 

Thohari Aziz disebut-sebut terpapar virus COVID-19.

DPRD Balikpapan juga berencana melakukan perubahan tata tertib DPRD Balikpapan tentang Pemilihan Calon Wakil Wali Kota Balikpapan. 

“Targetnya ini 1 bulan selesai, kemudian bentuk panitia seleksi,” pungkasnya.

Baca Juga: Hepatitis Akut Ancaman Dunia, Balikpapan Tingkatkan Kewaspadaan

Berita Terkini Lainnya