TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan IKN Nusantara akan Membawa Perubahan bagi Kaltim

Mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat

Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Samarinda, IDN Times - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kalimantan Timur (Kaltim) Riza Indra Riadi mengatakan, pemerintah sudah menetapkan Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Untuk itu, dia mengajak bersama-sama memberikan dukungan dalam proses pembangunannya.

“Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan membawa perubahan besar," katanya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, beberapa hari lalu. 

Baca Juga: Masa Depan Balikpapan dan Samarinda sebagai Triangle Cities IKN

1. Penetapan IKN akan memberikan dampak signifikan bagi daerah

Riza mengatakan, penetapan IKN Nusantara bisa memberikan dampak yang signifikan bagi daerah. Bukan saja mendorong pertumbuhan ekonomi akan tetapi pemindahan IKN ini diyakini memberikan perubahan pembangunan bukan saja kabupaten dan kota di Kaltim, tetapi juga Kalimantan bahkan Indonesia.

Riza menambahkan, pemindahan IKN ke Kaltim akan membawa perubahan yang sangat luar biasa, seperti adanya pembangunan infrastruktur jalan yang dulunya statusnya jalan provinsi dan kabupaten, akan diubah statusnya menjadi jalan nasional.

2. Penyesuaian status infrastruktur jalan di Kaltim

Ilustrasi pembangunan infrastruktur tol trans Sumatra (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Infrastruktur jalan di Kaltim tentunya akan disesuaikan dengan perubahan status ini.

“Itu artinya, jalan-jalan yang statusnya jalan provinsi dan kabupaten, semua akan diambil alih negara. Insya Allah, daerah kita akan semakin maju dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju kawasan IKN,” tandasnya.

Pembangunan IKN, lanjut Riza, akan membawa perubahan pembangunan semakin pesat seperti DKI Jakarta memacu pembangunan di Bekasi, Tangerang Selatan juga Depok terus maju.

“IKN harus kita dukung dan dorong agar percepatan pembangunan segera terwujud, karena akan membawa perubahan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Pencuri Barang Korban Kecelakaan di Samarinda Menangis dan Minta Maaf

Berita Terkini Lainnya