TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Angkasa Pura I Simulasi Pencegahan  Virus Corona di Bandara Sepinggan

Evakuasi penumpang suspek virus corona 

Ilustrasi (IDN Times/Surya Aditya)

Balikpapan, IDN Times – PT Angkasa Pura I (Persero) menggelar simulasi pencegahan dan penanganan COVID-19 atau virus corona di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, Rabu (19/2). Dari hasil evaluasi simulasi ini, pemerintah memastikan siap menanggulangi corona di Balikpapan.

Simulasi ini dimulai sekira pukul 11.30 Wita. Ruang kedatangan internasional dijadikan sebagai area simulasi. Ratusan orang yang diumpamakan sebagai penumpang pesawat yang baru datang dari luar negeri masuk ke ruangan tersebut melalui gate 1.

Tepat di depan gate 1, terdapat seperangkat Thermal Scanner Camera (TSC), alat pemantau temperatur tubuh manusia, berlogo Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Petugas kemudian memantau ratusan penumpang yang datang itu secara teliti melalui layar monitor TSC.

Penumpang yang lolos pemeriksaan TSC kemudian dialihkan ke pos Port Health Quarantine (PHQ). Ada dua pos PHQ dengan masing-masing pos dijaga satu petugas dari KKP. Di sana para penumpang tadi menjalani pemeriksaan administrasi, setelah itu mereka boleh melanjutkan perjalanannya.

Hampir semua penumpang lolos dari pemeriksaan TSC. Namun, ada dua penumpang yang tak melanjutkan pemeriksaan di PHQ. Kedua orang ini kemudian diperiksa matanya menggunakan alat. Setelah itu mereka dibawa ke ruang Health Quarantine yang ada di ruang kedatangan internasional Bandara SAMS.

Di ruang Health Quarantine, ada petugas medis berpakaian pelindung serba putih, persis seperti petugas yang biasa menangani pasien corona, menangani kedua penumpang itu. Mereka kemudian dimasukkan ke dalam keranda tabung, lalu dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Baca Juga: Mahasiswi Kaltim: Observasi di Natuna Dapat yang Terbaik dari Negara

1. Angkasa Pura I uji SOP bandara

Dua orang yang berperan sebagai pasien suspek corona di Bandara SAMS. (IDN Times/Surya Aditya)

General Manager Angkasa Pura (AP) I Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, belum lama ini, Kementrian BUMN mengimbau kepada perusahaan BUMN agar bisa mencegah dan menangani virus corona. Oleh karena itu, AP I menggelar simulasi pencegahan dan penanganan virus corona ini.

“Jadi kami menguji coba semua SOP yang ada di Angkasa Pura I, di KKP dan di Rumah Sakit Kanujoso. Bagaimana kami melakukan koordinasi, melakukan evakuasi, melakukan komunikasi. Jadi masing-masing SOP itu nanti akan kami evaluasi,” katanya kepada awak media.

2. Penanganan suspek corona di pesawat belum maksimal

Petugas memantau penumpang melalui Thermal Scanner Camera di Bandara SAMS. (IDN Times/Surya Aditya)

Hasil simulasi, sebut Farid, ada dua yang menjadi catatan penting dirinya. Yakni soal evakuasi jika ada penumpang suspek virus corona saat masih dalam perjalanan di pesawat. Kemudian soal waktu penanganan di Bandara. Menurutnya, kedua hal tersebut belum maksimal.

“Kami harus mengevakuasi pesawatnya, bagaimana kami menurunkan para penumpang, khususnya bagi penumpang yang sudah suspek. Itu tahapan-tahapannya akan berbeda lagi. Jadi akan kami evaluasi lagi,” sebutnya.

Baca Juga: Marina: Tak Bosan, Justru Enjoy Selama Diobservasi di Natuna

Berita Terkini Lainnya