TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabut Asap Ganggu Aktivitas di Balikpapan, BPBD: Asap Kiriman

BPBD Balikpapan pastikan asap bukan berasal dari dalam kota

Istimewa

Balikpapan, IDN Times – Kabut asap menyelimuti Balikpapan, Selasa (10/9) pagi. Hal ini membuat sebagian aktivitas warga Kota Minyak terganggu.

Pantauan IDN Times, munculnya asap tebal ini terjadi sejak pukul 05.00 Wita. Hampir seluruh kawasan di Balikpapan diselimuti asap, seperti di Teluk Balikpapan dan Balikpapan Kota. Asap baru mulai menghilang sekira pukul 09.00.

Baca Juga: Diduga Bakar Lahan, 6 Tersangka Ditangkap Satgas Karhutla

1. Asap ganggu aktivitas melaut dan kesehatan

IDN Times/Surya Aditya

Salah seorang motoris speedboat di Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, Kamaruddin mengatakan, kondisi kabut asap ini sangat menggangu aktivitasnya. Sebab, akibat kemunculan asap tersebut, ia terpaksa menunda pekerjannya mengantar penumpang menggunakan speedboat.

“Bisa berbahaya bagi motoris seperti saya kalau dipaksakan melaut, begitu juga dengan penumpangnya,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan penumpang speedboat, Hamid. Menurutnya, selain mengganggu aktivitas, asap tebal juga berbahaya untuk kesehatan.

Jika terlalu banyak menghirup asap, kata dia, bisa menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). “Bahaya Mas, bisa mengganggu pernafasan kalau kabutnya tebal terus,” tutur Hamid.

2. BPBD pastikan asap bukan berasal dari Balikpapan

IDN Times/Maulana

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno mengatakan, kemunculan asap ini bukan bersumber dari Balikpapan. Dia menduga, asap yang menyelimuti Balikpapan berasal dari daerah lain. “Ya, asap kiriman itu,” katanya.

Dugaan ini turut diperkuat hasil pemeriksaan pihaknya di lapangan. Suseno memastikan, saat munculnya kabut asap, tak ada ditemukan titik hotspot di Balikpapan. “Sudah kami cek, enggak ada titik hotspot. Jadi kemungkinan dari daerah tetangga,” tandasnya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Kaltim Masih Terkendali

Berita Terkini Lainnya