TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Petang, 6 Rumah di Samarinda Dilalap si Jago Merah

Nenek hampir dijilat api, massa menghambat petugas damkar

IDN Times/Yuda Almerio

Samarinda, IDN Times -Jelang petang pada pukul 17.25 Wita, Sabtu (24/8) si jago merah mengamuk di Jalan Kemakmuran, Gang KNPI, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Samarida Utara. Dalam waktu satu jam, enam rumah hangus terbakar.

Salah seorang saksi, Hj. Dalle mengisahkan petaka yang dialaminya. Ketika itu nenek 60 tahun tersebut sedang berada di lantai pertama rumahnya. Di kediamannya ada lima orang termasuk dia. Tatkala cucunya melihat asap saat bermain di luar rumah, ia kemudian berlari menghampiri Dalle.

"Saya kaget dan langsung lari ke kamar di lantai dua," ucapnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca Juga: Kebakaran Kilang, Wali Kota Balikpapan Kecewa pada Pertamina

1. Nenek Dalle nyaris dijilat api

IDN Times/Yuda Almerio

Tatkala dia membuka jendela belakang rumah, api langsung masuk, syukurnya saat itu ada cucunya yang menarik dia agar jauh dari jilatan api. Keduanya kemudian menjauh dari api.

"Alhamdulillah," ucapnya terbata-bata dengan mata yang berkaca-kaca.

Sambil menuruni lantai dua rumah, ia kemudian mendatangi kakaknya,  Musaorah (70) yang sudah panik tergopoh-gopoh menyelamatkan barang-barang berharga kemudian memasukkannya ke dalam tas selempang kulit warna hitam.

"Enggak ada yang bisa diselamatkan, baju saja di badan ini," timpal Musaorah. Rumah beton dua tingkat yang terbakar itu adalah milik H. Timang, anak dari Dalle. Ketika itu pedagang pasar malam tersebut sedang tak berada di luar rumah

2. Enam rumah terbakar, lima mobil pemadam diturunkan

IDN Times/Yuda Almerio

Jalan kecil dan gang yang sempit menyulitkan pemadam kebakaran untuk masuk ke lokasi kejadian. Ada lima mobil pemadam kebakaran yang diturunkan saat itu, ada pula bantuan dari pemadam kebakaran swasta, sukarelawan pemadam lainnya.

Pemadam kebakaran yang bisa masuk ke tempat kejadian hanya kendaraan kecil seperti pikap dan motor pemadam. Truk pemadam parkir di luar gang. Kesukaran lainnya, minimnya sumber air untuk memadamkan amukan si merah. Terpaksa, menggunakan air parit.

"Kebakaran terjadi pada pukul 17.25 Wita. Setidaknya api bisa dikuasai. Perkiraan enam rumah terbakar," ucap Pelaksana Tugas Operasional, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Samarinda, Sunardi Siman.

Baca Juga: Puncak Musim Panas, Samarinda Rawan Kebakaran Permukiman dan Karhutla

Berita Terkini Lainnya