Comscore Tracker

14 Kelompok Tani di PPU Memperoleh Bantuan Mesin Pertanian

Jadi motivasi bagi petani

Penajam, IDN Times - Sedikitnya 14 kelompok tani dari dua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) memperoleh bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan ini merupakan aspirasi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra G Budisatrio Djiwandono yang penyerahan di Kantor Balai Pertemuan Pertanian (BPP) Petung, Jumat (8/7/2022).  

Alokasi dana aspirasi bersumber APBN Tahun 2022 serta dari APBD Kaltim.

“Bantuan ini diharapkan, produktivitas hasil pertanian di wilayah Kabupaten PPU ke depan semakin meningkat,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten PPU Iswan Padda dalam laporannya saat  penyerahan alsintan yang dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam serta undangan lainnya.

1. Bantuan berupa satu alat mesin panen 43 unit hand traktor dan dua unit cultivator

14 Kelompok Tani di PPU Memperoleh Bantuan Mesin Pertanianilustrasi aktivitas pertanian. (Dok. Kementan)

Ia menambahkan, bantuan yang diterima oleh dua Gapoktan dengan jumlah 14 kelompok tani saat ini yaitu berupa satu unit combine harvester  atau alat mesin panen dari APBN, lalu 43 unit handtraktor dan dua unit cultivator bersumber dari APBD Kaltim.

Di tempat sama Kepala Seksi Prasarana Dan Sarana Tanaman Pangan mewakili Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Budi Harsono menerangkan, bantuan alsintan yang diserahkan oleh pemerintah provinsi ini sebagian, merupakan usulan dari kelompok tani yang telah diajukan melalui dinas terkait. 

Budi berharap, agar kelompok tani dapat mempergunakan alsintan ini dengan masa pakai yang lebih lama, dan dapat dikelola secara tertib oleh masing-masing anggota. Harapannya, pemerintah daerah agar memberikan dukungan pada masing-masing kelompok tani. 

2. Dinas Pertanian Kabupaten PPU juga diminta berikan dukungan

14 Kelompok Tani di PPU Memperoleh Bantuan Mesin PertanianPlt. Bupati PPU, Hamdam menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada perwakilan petani (IDN Times/Ervan)

Terutama dalam membantu pemeliharaan mesin pertanian ini. 

“Saya berharap khususnya Dinas Pertanian Kabupaten PPU juga bisa memberikan dukungan berupa support, dalam hal pemeliharaan dan pengawasan terhadap alsintan yang telah diserahkan kepada masing-masing kelompok tani ini, agar dapat digunakan dengan baik,” pintanya.

Plt Bupati PPU Hamdam dalam arahannya menyampaikan, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat, Komisi IV DPR RI dan juga Pemerintah Provinsi. Karena selama ini telah banyak memberikan bantuan kepada petani-petani di Kabupaten PPU. 

“Dengan banyaknya bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah ini, maka saya berharap, dapat menjadi motivasi bagi para petani untuk mengolah lahan pertanian dengan cara yang tepat, sehingga hasil produktivitas pertanian semakin meningkat, ujarnya. 

3. Seluruh anggota kelompok tani diminta bantuan alsintan dapat mengelola dengan baik

14 Kelompok Tani di PPU Memperoleh Bantuan Mesin PertanianPlt. Bupati PPU, Hamdam memberikan arahan kepada petani penerima bantuan Alsintan (IDN Times/Ervan)

Ia meminta, kepada seluruh anggota kelompok tani agar bantuan alsintan yang diberikan ini dapat dipergunakan dengan baik. Sehingga usia pakai mesin pertanian bertahan lama sehingga membantu produktivitas petani. 

“Bantuan alsintan yang diberikan ini harus disyukuri. Kemudian setiap anggota harus bisa membuktikan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah, dengan cara benar-benar dalam mengelolanya, memanfaatkan dan merawat alsintan bantuan itu dengan baik,” pungkasnya.

Baca Juga: Dana Desa di PPU Dialokasikan Sebesar Rp64,2 Miliar

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya