Comscore Tracker

KMP Laskar Pelangi Tabrak Kapal Nelayan di Perairan Balikpapan

Beruntung tidak ada korban jiwa

Balikpapan, IDN Times - Kapal Feri KMP Laskar Pelangi jurusan Mamuju - Kariangau Balikpapan, pada Minggu (26/1) pagi sekira pukul 09.10 Wita bertabrakan dengan kapal klotok nelayan.

Akibatnya kejadian ini, badan kapal hancur dan tenggelam beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan jiwa. Pengemudi kapal klotok berhasil diselamatkan oleh kru KMP Laskar Pelangi.

1. Kejadian laka laut di perairan muara Kariangau

KMP Laskar Pelangi Tabrak Kapal Nelayan di Perairan BalikpapanTim Basarnas sebelum menuju lokasi lakalaut (IDN Time/dok Basarnas Balikpapan)

Informasi yang dihimpun IDN Times melalui Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kaltim-Kaltara Octavianto membenarkan terjadinya kecelakaan lalulintas laut (Laka Laut) dengan lokasi di perairan Muara Kariangau.

"Setelah mendapatkan informasi, Tim Basarnas Balipapan langsung menuju lokasi untuk melakukan pengecekan serta mendapatkan keterangan keterangan identitas korban serta keterangan kepada pihak kapal Laskar Pelangi," kata Octavianto dalam keterangan tertulis.

Dibeberkannya, informasi yang diperoleh pihaknya awalnya KMP Laskar Pelangi ini bermuatan penumpang dan kendaraan.

2. Kapal klotok memotong jalur di depan haluan Laskar Pelangi.

KMP Laskar Pelangi Tabrak Kapal Nelayan di Perairan BalikpapanIlustrasi kapal Feri (IDN Time/Ervan Masbanjar)

Saat kapal feri berlayar, tiba - tiba melintas kapal klotok dengan pengemudi kapal bernama Awi memotong jalur di depan haluan Laskar Pelangi yang ketika itu berlayar menuju ke Karingau Balikpapan.

"Juru mudi pada saat itu telah memberikan tanda berupa suling panjang terus menerus, tetapi kapal klotok tersebut tetap menerobos," tuturnya.

Baca Juga: Belum Bersertifikat, Aset Pemkot Balikpapan Rawan Sengketa 

3. Perwira Jaga Laskar Pelangi telah mencoba untuk menghidari tabrakan

KMP Laskar Pelangi Tabrak Kapal Nelayan di Perairan BalikpapanMualim 1 KMP. Laskar Pelangi, Yusuf memberikan keterangan ke tim Basarnas (dok Basarnas Balikpapan)

Saat posisi Kapal laskar Pelangi sudah dekat, kapal klotok tersebut mengalami mati mesin sehingga tidak bisa menghindar.

Sementara itu, Perwira Jaga Laskar Pelangi saat itu telah mencoba untuk menghindari tabrakan dengan cara mengurangi kecepatan dengan mundur penuh dan berusaha mengubah haluan kapal.

Tetapi, ungkapnya, upaya tersebut tidak maksimal dilakukan karena saat itu di sisi kiri Laskar Pelangi ada kapal KM. Poncan Moale dan di sisi kanan ada kapal KMP. Tunu Pratama Jaya. Sementara posisi klotok sudah terlalu dekat dengan Laskar Pelangi.

4. Pengemudi tidak melihat ada kapal yang mendekat sehingga tabrakan tidak bisa dihindari

KMP Laskar Pelangi Tabrak Kapal Nelayan di Perairan BalikpapanKasi Operasi dan Siaga KPP Kaltim-Kaltara, Octavianto (IDN Times/Ervan Masbanjar)

"Ketika itu, posisi pengemudi klotok menunduk untuk memperbaiki mesin dan tanpa disadari kapal tersebut hanyut terdorong arus menuju ke arah laskar Pelangi hingga akhirnya, pengemudi tidak melihat ada kapal yang mendekat sehingga tabrakan tidak bisa dihindari dan kapal klotok pun tenggelam," tegasnya.

Meskipun kapal klotok tenggelam, pengemudinya berhasil diselamatkan oleh crew KMP. Laskar Pelangi dan dibawa menuju pelabuhan Kariangau, lalu pengemudi dibawa oleh nakhoda Laskar Pelangi untuk berobat.

"Di saat sama pihak Laskar Pelangi telah berkoordinasi dengan pengemudi kIotok beserta keluarganya untuk menyelesaikan permasalahan insiden tabrakan itu dengan cara kekeluargaan. Sementara, Awi selaku pengemudi atau pemilik klotok juga telah mengakui kesalahannya dan menerima tawaran tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Kapolresta Balikpapan, Kecil Makan Tiwul, Bersyukur Jadi Polisi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya