Comscore Tracker

Uji Coba Roda Empat, Jalan MT Haryono Balikpapan Segera Bisa Dilewati

Masih belum aman dilalui kendaraan roda dua

Balikpapan, IDN Times - Proyek penanganan banjir di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini masih berjalan. Tahapan yang berlangsung yakni pengerjaan DAS Ampal yang mengharuskan dilakukan penutupan jalan MT Haryono (Kawasan Global Sport).

Selama dua bulan hingga kini jalan tersebut tidak dapat dilalui warga. Ini mengakibatkan protes dan kemacetan di waktu-waktu padat. 

Beberapa langkah diambil Pemerintah Kota Balikpapan, yakni rencana pembukaan jalan Perum Wika-Perum Pemda dan pembukaan jalan yang ditutup sebagian khusus bagi roda empat.

Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Zulkifli menjelaskan, saat ini masih dilakukan pembersihan jalan. "Pembersihan jalan supaya tidak licin. Karena masih berlumpur. Juga kami sedang siapkan pembatas pengaman," terangnya pada Rabu 29 Maret 2023. 

1. Jika memungkinkan dibuka dua arah

Uji Coba Roda Empat, Jalan MT Haryono Balikpapan Segera Bisa DilewatiJika memungkinkan Jalan MT Haryono segera dibuka dua arah. (IDN Times/Fatmawati)

Zulkifli menjelaskan, sebenarnya Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud berharap jalan bisa segera dibuka. Namun pertimbangan teknis dan sesuai koordinasi dengan Sat Lantas Polresta Balikpapan, Dishub dan lainnya, jalan belum bisa dibuka. 

Pembukaan jalan bisa saja dilakukan satu hingga dua hari ke depan. Tapi saat ini jalan masih harus dibersihkan. Jalan juga nantinya akan dibuka untuk satu arah dahulu. Yaitu dari arah Wika ke Balikpapan Baru. Itu pun hanya untuk roda empat.

"Karena kalau motor riskan licin ya. Itu pun kalau malam belum ada penerangan. Maka dibatasi sampai sekira jam 20.00 Wita lalu kita tutup. Sifatnya satu dua hari ini akan kita buka satu jalur dulu sambil melihat progres," bebernya. 

Walau begitu, agar kemacetan juga teratasi di Jalan MT Haryono dan sebaliknya, diusahakan jalan segera dibuka dua arah. Namun menunggu japan rata dan rapi. "Diberi barrier dulu, biar biaa satu lajur dua arah," terangnya. 

Sementara, untuk kendaraan roda dua telah dipersiapkan jalan alternatif lain. Pemerintah Kota Balikpapan bersama warga setempat dan beberapa pihak telah bersepakat untuk membongkar jalan Perum Wika-Perum Pemda.

"Karena hari ini (kemarin) sangat crowded. Jadi sementara kendaraan roda dua dulu. Mobil ngalah dulu jangan masuk kompleks yang kecil," tutur Zulkifli. Jalan dibuka mulai pukul 06.00-19.00 Wita. Akses ini juga dikecualikan bagi angkutan umum.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Ikuti Kebijakan Tak Gelar Bukber selama Ramadan

2. Kendaraan roda dua melalui Jalan Perum Wika-Perum Pemda

Uji Coba Roda Empat, Jalan MT Haryono Balikpapan Segera Bisa DilewatiJalan Perum Wika-Perum Pemda dalam proses dibuka untuk kendaraan roda dua. (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, pembukaan jalan ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas akibat dari pengerjaan jalan DAS Ampal. "Sudah disetujui warga setempat untuk kebaikan bersama. Juga telah saya instruksikan kepada DPU (Dinas Pekerjaan Umum), Dishub dan Satpol PP Balikpapan," tutur Rahmad Mas'ud. 

Sampai kini beberapa jalan dalam proses diperbaiki. Ia juga meminta agar ada pengawasan jika jalan tersebut dibuka "Agar aktivitas lalu lintas berjalan kondusif," tuturnya.

Sementara, terkait Jalan MT Haryono, ia berharap kepada warga yang terimbas kegiatan pengerjaan pengerjaan jalan DAS Ampal untuk memahami. 

"Kami minta doa masyarakat Balikpapan. Terutama kami tekankan juga kepada kontraktor. Kita komitmen. Karena semua ini berimbas kepada warga, pengguna jalan, pemilik usaha dan para pedagang sekitar," tuturnya. 

Ia menyampaikan, perekonomian juga terpengaruh. Namun ia berharap dukungan dan kesabaran semua pihak agar pengerjaan untuk mengatasi persoalan banjir kota Balikpapan ini bisa segera diselesaikan.

3. Diharapkan segera buka jelang operasi ketupat

Uji Coba Roda Empat, Jalan MT Haryono Balikpapan Segera Bisa DilewatiKapolresta Balikpapan, AKBP Anton Firmanto saat akan mencoba melalui Jalan MT Haryono. (iDN Times/Fatmawati)

Sementara, Kamis (30/3/2023) Kapolresta Balikpapan Ajun Komisaris Besar Pol Anton Firmanto terlihat meninjau jalan yang ditutup. Ia juga sempat menguji coba melalui jalan yang telah diratakan.

Ia menyampaikan, pihaknya berharap Pemerintah Kota Balikpapan bisa menyampaikan kepada kontraktor untuk segera mempercepat pembangunan Jalan MT Haryono, agar aktivitas masyarakat kembali lancar. 

"Kalau untuk saat ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat satu sisi dari jalan ini bisa berjalan dengan sempurna. Sat Lantas juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan di Pemkot terkait dengan pengamanan jalur ini," katanya. 

Ia pun menyebut, jalan penting untuk segera bisa dilalui. Mengingatkan ke depan akan menghadapi pengamanan operasi ketupat. Sehingga mau tidak mau lokasi ini menjadi objek yang harus diamankan. "Kita lihat lagi perkembangannya. Ini saya baru melihat secara kasat matanya, itu kan belum dicoba. Nanti kelayakannya juga," tandasnya. 

Baca Juga: Tembok Pemisah Kompleks Perumahan Elite di Balikpapan Dirobohkan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya