Jumlah Pasien Positif COVID-19 Balikpapan Bertambah Jadi 12 Orang

Bertambah 6 orang dari Cluster Bogor dan Cluster Sulsel

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona di Balikpapan per 28 Maret 2020 bertambah 6 orang. Sementara di Kaltim, total terdapat 17 pasien positif virus corona atau COVID-19, terbanyak di Balikpapan.

"Menurut Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya yang dikonfirmasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur maka pasien yang terkonfirmasi positif bertambah 6 orang. Dengan demikian jumlah pasien positif yang dirawat di Balikpapan jumlahnya 12 orang," kata Rizal saat jumpa pers di Kantor Wali Kota Balikpapan pada Sabtu (28/3).

1. Pasien berhubungan keluarga dengan 6 pasien positif sebelumnya

Jumlah Pasien Positif COVID-19 Balikpapan Bertambah Jadi 12 OrangRSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Rizal enam pasien baru ini masih berhubungan keluarga dengan 6 pasien sebelumnya yang tertular virus corona setelah mengikuti dua acara di Bogor. 

"Dari keenam orang ini 4 orang masih ada kaitan dengan 6 orang pasien pertama, ada kaitan keluarga. Baik suami, istri, dsn anak, dari 2 acara di Bogor. Hasil tracking-nya positif (virus corona)," kata Rizal. 

Baca Juga: Penuhi Stok, Balikpapan Gelar Lelang Elektronik 5 Ribu APD COVID-19

2. Satu pasien baru saja datang ke Ijtima Dunia yag batal diadakan di Gowa, Sulsel

Jumlah Pasien Positif COVID-19 Balikpapan Bertambah Jadi 12 OrangIjtima di Gowa. IDN Times/Polda Sulsel

Sementara, salah satu pasien positif virus corona bukan warga Balikpapan. Ia baru saja berkunjung ke acara Ijtima Dunia yang batal diadakan di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Satu orang ada hubungannya dengan pertemuan yang di Gowa Sulawesi Selatan. Sebenarnya bukan warga Balikpapan tapi warga Banjarmasin, dari Gowa transit di Balikpapan ternyata sakit," jelas Rizal.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pasien tersebut terkonfirmasi positif mengidap virus corona. Pertemuan Ijtima Dunia yang batal diselenggarakan di Gowa tersebut sudah terpapar virus corona.

3. Menantu Rizal dinyatakan negatif virus corona

Jumlah Pasien Positif COVID-19 Balikpapan Bertambah Jadi 12 OrangIlustrasi virus corona. IDN Times/Sukma Shakti

Tidak hanya hasil positif, hasil laboratorium untuk pasien yang dinyatakan negatif virus corona terdapat sebanyak 40 orang. Ternyata, di antara pasien tersebut ada menantu Rizal yang juga diperiksa.

"Di tengah berita yang menjadi keprihatinan, kita juga mendapatkan hasil lain yang dilaporkan yaitu hasil lab negatif sebanyak 40 orang," katanya

Ia melanjutkan, "Saya bahagia, dari 40 itu ada satu menantu saya, yang dari Jakarta dilakukan pemeriksaan syukurnya negatif," kata Rizal lega.

Baca Juga: [BREAKING] Kaltim Tambah 6, Total 17 Orang Positif Virus Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya