Comscore Tracker

Rapid Antigen Massal Kontak Erat Klaster Minimarket, 10 Orang Positif

Sabtu ini pasien COVID-19 bertambah 63 orang di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Per Sabtu (19/6/2021) ini terjadi penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 63 pasien di Balikpapan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan ada beberapa kasus menonjol hari ini antara lain adalah klaster keluarga, serta dari para pekerja.

"9 ibu rumah tangga, 9 anak, klaster koperasi, 5 kasus pekerja migas, 2 perusahaan telekomunikasi, distributor rokok, 2 buruh bangunan, 3 pekerja bengkel alat berat , spare part, dll," ujar Andi Sri Juliarty melalui pesan tertulis pada Sabtu (19/6/2021).

1. Tracing dan testing kepada kontak erat klaster minimarket

Rapid Antigen Massal Kontak Erat Klaster Minimarket, 10 Orang PositifPuskesmas Kelurahan Graha Indah dan Tim Satgas Penanganan COVID-19 RT 21 Balikpapan Utara, melakukan pemeriksaan rapid test antigen tracing klaster mini market, 19 Juni 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, salah satu klaster yang menjadi perhatian Satgas COVID-19 Kota Balikpapan adalah klaster minimarket dan klaster keluarga yang tinggal di dekat minimarket. Upaya pelacakan telah dilakukan dan sebanyak 79 orang menjalani rapid test antigen pada Sabtu hari ini.

"Berangkat dari cluster minimarket dan kluster keluarga rumah dekat minimarket, sesuai SE Walikota No.2382 kemarin kami melakukan tracing, testing massal kontak erat Bangun Reksa Graha Indah," ujar dokter yang akrab disapa Dio ini.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Balikpapan Temukan Klaster Mini Market

2. Sebanyak 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19

Rapid Antigen Massal Kontak Erat Klaster Minimarket, 10 Orang PositifAndi Sri Juliarty, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan saat jumpa pers terkait virus corona di Balikpapan pada 3 Maret 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Pemeriksaan rapid test antigen massal pun dilakukan kepada warga yang diduga kontak erat, serta sejumlah pedagang pasar. Dari 79 orang yang menjalani rapid test antigen, hasilnya 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Dengan rincian, 6 kontak erat, 3 pedagang pasar, 1 tukang ojek," ujar Dio.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 5 karyawan minimarket dan 4 warga sekitar minimarket terinfeksi COVID-19. Minimarket yang berada di kawasan Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara ini pun tutup selama 5 hari.

3. Sebanyak 27 pasien dinyatakan sembuh

Rapid Antigen Massal Kontak Erat Klaster Minimarket, 10 Orang PositifIlustrasi petugas medis menangani pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Sementara itu, updateperkembangan kasus COVID-19 di Balikpapan hari ini, sebanyak 63 pasien COVID-19 baru, 40 diantaranya adalah dari riwayat suspek. Sementara sisanya merupakan pasien dengan riwayat tracing kontak sebanyak 11 kasus, 8 lainnya dari riwayat perjalanan, dan 4 pasien merupakan orang tanpa gejala (OTG). Total konfirmasi positif hingga saat ini adalah 17.507 kasus.

Sementara itu, 27 pasien dinyatakan sembuh. Total pasien sembuh hingga Sabtu ini sebanyak 16.364 orang. Saat ini pasien yang dirawat di rumah sakit sebanyak 197 orang. Tidak ada penambahan pasien meninggal dunia.

Baca Juga: Tracing Klaster Minimarket di Balikpapan, 2 Warga Positif COVID-19

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya