Balikpapan akan Menggelar Outlook Apeksi 2022

Agenda Apeksi dilaksanakan 17-18 Desember 2022

Balikpapan, IDN Times - Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah Outlook Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2022. Acara berlangsung pada 17 hingga 18 Desember 2022 mendatang. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan,  acara Apeksi ini nantinya akan dihadiri para wali kota seluruh Indonesia. Di mana para wali kota ini akan dijamu makan malam di atas kapal tongkang sekaligus mempromosikan wisata Balikpapan. 

“Kita mempromosikan wisata bahari dengan melihat keindahan Teluk Balikpapan,"  ujarnya, Kamis (15/12/2022).

1. Persiapan penyelenggaraan outlook Apeksi

Balikpapan akan Menggelar Outlook Apeksi 2022APEKSI jalankan program Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022). (Dok. APEKSI)

Rahmad pun menggelar rapat persiapan keamanan dan komunikasi seluruh pihak terkait baik vertikal maupun horisontal terdiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan. 

Tujuannya agar bisa bersama-sama dalam menyukseskan pelaksanaan acara Apeksi di Balikpapan. 

Pemerintah Kota Balikpapan sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kantor instansi vertikal, instansi pemerintah untuk memasang umbul-umbul dan baliho.

Baca Juga: Oknum TNI di Balikpapan Membacok Senior dengan Parang Mandau

2. Momentum promosi Balikpapan

Balikpapan akan Menggelar Outlook Apeksi 2022ilustrasi Teluk Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Rahmad mengatakan, pertemuan wali kota se Indonesia menjadi momentum dalam mempromosikan Balikpapan sebagai pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Potensi sektor pariwisata hingga pelaku ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat. 

Apalagi Balikpapan memiliki potensi letak geografis strategis sebagai daerah pesisir Selat Makassar. Surga kuliner sea food dari kekayaan sumber daya laut setempat. 

“Wilayah kita secara geografis kita berada di daerah pesisir berhadapan di Selat Makasar, artinya potensi begitu besar,” ungkapnya.

3. Para wali kota akan meninjau IKN Nusantara

Balikpapan akan Menggelar Outlook Apeksi 2022Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Di tempat yang berbeda, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan semua panitia pelaksana siap menggelar acara Apeksi. 

“Secara umum pemerintah kota sudah siap,” tegasnya.

Rencananya, para wali kota se Indonesia juga berencana meninjau lokasi titik Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Lokasi yang sudah ditetapkan sebagai lokasi IKN baru sesuai ketetapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Baca Juga: Bea Cukai Balikpapan Tindak Ribuan Rokok dengan Pita Cukai Palsu

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya