Comscore Tracker

Kasad Jenderal Andika Perkasa Puas, Latma Garuda Sheild Berhasil

Lokasi latihan dekat dengan IKN di Penajam-Kukar

Balikpapan, IDN Times - Latihan bersama TNI AD dan US Army dalam Garuda Sheild 15/2021 yang berlangsung sejak 1 hingga 14 Agustus 2021 memasuki babak akhir. Kegiatan di H-1 jelang berakhirnya latihan perang terbesar yang digelar di Asia Pasifik ini dilaksanakan sport day and culture day di Mako Raider Modang 600 Kodam VI Mulawarman.

“Sebetulnya kan jadwalnya adalah sport day and culture day, sport day adalah olah raga bersama dan culture day adalah penunjukan kebudayaan antara dua negara. Tapi yang jelas satu kesimpulan, keberhasilan mereka menciptakan bounding atau ikatan emosional setelah mereka berlatih bersama selama dua minggu,” ujar Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, usai mengikuti prosesi acara di Mako Raider Modang 600 Kodam VI Mulawarman, Jumat (13/8/2021).

1. Ada kedekatan antara prajurit TNI AD dan US Army

Kasad Jenderal Andika Perkasa Puas, Latma Garuda Sheild BerhasilProses penutupan dengan tarian tradisional ular naga asli Kalimantan, Jumat (13/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Andika mengatakan, dalam latihan Garuda Sheild 15 / 2021 ini terlihat kedekatan antara prajurit infanteri 600 Raider/Modang Kodam VI Mulawarman dengan prajurit Divisi Infanteri 25 dan Brigade 5 SPF US Army.

“Sebenarnya kedekatan antara prajurit ini saja yang saya mau lihat,” ujarnya.

Dikatakannya, latihan akan selalu bisa dipelajari, kemudian alutsista yang berubah, teknik dan taktik serta perbedaan alutsista juga akan membuat semuanya terpengaruh. Namun masih banyak waktu untuk bisa mempelajarinya.

“Tapi yang tidak boleh terlewat dalam latihan ini adalah ikatan, kerja sama, persaudaraan dan networking, dan saya melihat itu pagi tadi. Dan saya sangat senang atas pencapaian ini, karena semuanya bisa dimulai dengan persahabatan,” paparnya.

Baca Juga: Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di Amborawang

2. Lokasi latihan dekat dengan IKN baru

Kasad Jenderal Andika Perkasa Puas, Latma Garuda Sheild BerhasilProses penutupan dengan tarian tradisional ular naga asli Kalimantan, Jumat (13/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Gubernur Kaltim Isran Noor yang juga turut hadir dalam kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan, lokasi latihan bersama Garuda Sheild 15/2021 di Amborawang Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) berdekatan dengan calon ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. 

“Jaraknya hanya 57 kilometer saja dari Amborawang ke pusat IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU),” paparnya.

Isran juga mengapresiasi penunjukkan Kaltim sebagai salah satu lokasi latihan bersama Garuda Sheild 15/2021 dan berharap kegiatan serupa juga kembali bisa dilaksanakan di Kaltim.

“Ke depan harapannya latihan seperti ini bisa dilakukan dengan skala yang lebih besar lagi, karena TNI-US Army ada memiliki kesamaan alutsista," ujarnya.

3. Kental budaya Dayak

Kasad Jenderal Andika Perkasa Puas, Latma Garuda Sheild BerhasilProses penutupan dengan tarian tradisional ular naga asli Kalimantan, Jumat (13/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, sport day and culture day Latihan Bersama Garuda Sheild 15/2021 di Mako Raider Modang 600 Kodam VI Mulawarman, dilaksanakan sejumlah olah raga tradisional di antaranya lomba bakiak, ular naga, tanah beracun, adu panco, bina raga dan paling diminati adalah tarik tambang.

Bahkan, pada saat pelaksanaan olah raga tarik tambang ini, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ibu Kasad Hetty sempat menyaksikan langsung lomba diikuti prajurit TNI-Us Army ini.

Sedangkan dalam culture day ditampikan tarian suka cita dari Dayak Manyaan suku asli pedalaman Kaltim yang menggambarkan gadis-gadis Dayak, dan tarian dua pemuda Dayak yang saling beradu keahlian menggunakan mandau serta tarian hudoq.

Menjelang akhir kegiatan, seluruh prajurit bersama menari tarian Dayak dan tarian Maumere.

Baca Juga: Asrama Haji dan Wisma Atlit Jadi Isoter Pasien COVID-19 di Kaltim 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya