Kota Balikpapan Raih 27 Panji Keberhasilan dari Pemprov Kaltim

Meraih prestasi peringkat pertama dalam pelbagai bidang

Balikpapan, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan panji-panji keberhasilan pembangunan daerah kepada kabupaten dan kota. Penyerahan panji kebesaran diberikan bersamaan HUT ke-65 Provinsi Kaltim tahun yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim.

Hal ini tertuang dalam salinan keputusan Gubernur Kaltim Nomor 002/K.650/2021. Panji keberhasilan ini diserahkan langsung Gubernur Kaltim Isran Noor kepada bupati dan wali kota, salah satunya kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, apresiasi ini diberikan kepada warga Kaltim yang selama ini telah mendukung pembangunan. Bersama-sama menjaga keamanan di Kaltim termasuk melawan pandemik COVID-19 dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan.

“Terima kasih kepada para panitia yang telah menyiapkan kegiatan hari ini, dan setelah upacara ini dilaksanakan penandatanganan kerja sama Pemprov dengan Kodam VI Mulawarman terkait pembangunan rumah layak huni,” ujarnya.

1. Menerima penghargaan juara pertama 15 panji keberhasilan di Kaltim

Kota Balikpapan Raih 27 Panji Keberhasilan dari Pemprov KaltimWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Foto istimewa

Kota Balikpapan sendiri menerima sejumlah panji keberhasilan, di antaranya Hukum dan hak asasi manusia, pencegahan korupsi pada pemerintahan, smart city, keberhasilan keterbukaan informasi publik, sektor industri, sektor perdagangan, koperasi dan UMKM, dewan kerajinan nasional daerah, pembangunan kesehatan kategori kota, ketenagakerjaan, kepemudaan, keolahragaan, kesejahteraan sosial, lingkungan hidup, pelayanan terpadu satu pintu, daya saing daerah, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Selanjutnya,  penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah, pengembangan SDM, pengelolaan keuangan daerah, bangga kencana, pelayanan administrasi  terpadu, pelayanan publik kategori kota, trantibum linmas kategori kota, tim Penggerak PKK berprestasi kategori Kota, dan pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan.

“Total dari 55 kategori bidang penghargaan yang diberikan, Kota Balikpapan berhasil meraih 27 kategori dengan rincian peringkat pertama 15 kategori, peringkat kedua 6 kategori dan peringkat ketiga 6 kategori,” ujar Rahmad.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Belum Mencapai Target di Kaltim

2. Didampingi OPD dengan SDM Berkualitas

Kota Balikpapan Raih 27 Panji Keberhasilan dari Pemprov KaltimRahmad Mas'ud Balon Wali Kota Balikpapan pada Pilkada 2020 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Rahmad mengatakan, untuk mendapatkan prestasi ini perlu perjuangan dan usaha yang keras. Yang penting bermanfaat bagi seluruh warga Balikpapan pada khususnya.

Ia mengaku tidak memperoleh banyak kesulitan dalam memimpin Pemkot Balikpapan. Selama terpilih menjadi Wali Kota Balikpapan, Rahmad didampingi para staf OPD yang memiliki SDM dan kualitas mumpuni. 

“Terlepas dari kekurangannya, Kota Balikpapan menjadi yang terbaik dan sudah dibuktikan dari penghargaan yang diberikan. Artinya kami akan memberikan yang terbaik lagi untuk masyarakat Kota Balikpapan,” paparnya.

3. Penganugerahan panji bentuk apresiasi Pemprov Kaltim

Kota Balikpapan Raih 27 Panji Keberhasilan dari Pemprov KaltimWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (baju kuning) saat meninjau penertiban PKL (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kaltim Deni Sutrisno mengatakan, penganugerahan panji-panji keberhasilan pembangunan di segala bidang merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan kota dalam meningkatkan kinerja, prestasi serta pelaksanaan program-program pembangunan dan pemerintahan.

“Pemberian panji ini bukan kompetisi menang atau kalah, tetapi apresiasi agar lebih meningkatkan kinerja dalam menyukseskan program-program di kabupaten dan kota maupun program Pemprov Kaltim,” tutup Deni Sutrisno.

Baca Juga: Mayoritas Infrastruktur Jalan di Kaltim dalam Kondisi Mantap

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya