Pembangunan Kantor Kejari Balikpapan Telan Dana Rp55 Miliar

Ketersediaan material perlu ditambah

Balikpapan, IDN Times - Pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) diperkirakan akan menelan dana Rp55 miliar. Kantor yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gunung Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan ini mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2021 di mana prosesnya berjalan 60 persen. 

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan Andi Yusri Ramli mengatakan, anggaran pembangunan Kantor Kejari Balikpapan dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kota Balikpapan.

"Secara keseluruhan kontrak ini sekitar Rp55 miliar yang masuk bantuan keuangan tahun ini itu Rp10 miliar, sisanya APBD Kota Balikpapan," jelasnya.

1. Target selesai di tahun 2021

Pembangunan Kantor Kejari Balikpapan Telan Dana Rp55 MiliarKepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan Andi Yusri Ramli

Sementara itu, target pengerjaan pembangunan tersebut harus terselesaikan pada akhir tahun 2021 nanti. Pasalnya, kontrak yang berlaku tahun tunggal akan tetapi jika pengerjaan belum terselesaikan tahun ini, maka akan diberi kesempatan dengan catatan di dalam kontrak tertulis pemberian kesempatan dengan denda.

Hal tersebut telah tercantum pada aturan bahwa dapat diberi kesempatan jika bisa diselesaikan maksimal selama 50 hari dengan denda.

"Meskipun sedikit kalau dia tidak terselesaikan tahun anggaran ini, mungkin diberi kesempatan (tapi) didenda," ujarnya.

Baca Juga: Saling Lapor Antara Sekuriti Dinas PU Balikpapan dengan Kontraktor 

2. Pembangunan dievaluasi

Pembangunan Kantor Kejari Balikpapan Telan Dana Rp55 MiliarIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Yusri optimis pengerjaan pembangunan akan rampung pada akhir tahun ini dan terus dilakukan evaluasi perkembangannya. Karena berdasarkan pengalaman, ada beberapa kegiatan bahwa penilaian banyak pihak sulit untuk diselesaikan. Namun, dapat terselesaikan dengan evaluasi secara terus menerus.

"Untuk mengangkat progres tertinggal ini, apa-apa saja yang dilakukan," ujarnya.

3. Ketersediaan material perlu ditambah

Pembangunan Kantor Kejari Balikpapan Telan Dana Rp55 MiliarIlustrasi pembangunan jaringan. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Tentunya, ada beberapa hal yang perlu dijaga untuk bisa mencapai target pengerjaan tahun ini di antaranya ketersediaan material. Tenaga kerja harus cukup kalau perlu ditambah waktu kerja ditambah.

"Kami lihat sampai akhir bulan ini, progresnya seperti apa. Kami akan evaluasi setiap saat," paparnya.

Untuk saat ini, rutinitas Kantor Kejaksaan Negeri Balikpapan sementara dialihkan ke Kelurahan Prapatan Kecamatan Balikpapan Kota di Jalan Jenderal Sudirman. Usai pembangunan selesai, nantinya akann ada proses mekanisme hibah antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan Kejaksaan Negeri Balikpapan.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Tingkatkan Daya Saing Industri di Tengah Pandemik

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya