Comscore Tracker

Saat Peringatan Detik-detik Proklamasi, Semua Kendaraan Harus Berhenti

15 titik jalan di Balikpapan bakal dijaga petugas gabungan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menggelar simulasi perayaan detik-detik peringatan proklamasi Kemerdekaan RI di tengah pandemik virus corona atau COVID-19. Kegiatan ini disaksikan dan diikuti langsung Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

“Kami minta warga masyarakat kota Balikpapan untuk menghentikan sejenak seluruh kegiatan aktivitasnya pada saat detik-detik proklamasi,” ujar Rizal, usai menyaksikan dan mengikuti simulasi detik-detik proklamasi, Kamis (6/8/2020).

1. Detik-detik proklamasi berlangsung 3 menit

Saat Peringatan Detik-detik Proklamasi, Semua Kendaraan Harus BerhentiIDN Times / Hilmansyah

Menurut Rizal, sesuai perintah dari Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo, seluruh Warga Negara Indonesia tepat pada pukul 11.17 hingga 11.20 WITA, harus menghentikan kegiatannya, termasuk mereka yang sedang berkendara di jalan untuk menghormati detik detik proklamasi.

“Detik-detik proklamasi ini hanya berlangsung selama 3 menit ditandai dengan bunyi sirine panjang kemudian lagu Indonesia Raya, di mana warga diminta untuk menghentikan seluruh kegiatannya untuk kemudian mengambil sikap sempurna dan berdiri tegak," papar Rizal.

Kegitan simulasi ini merupakan bagian dari sosialisasi, di mana nantinya warga kota Balikpapan bisa melaksanakan instruksi Presiden RI tersebut.

“Simulasi di simpang tiga Balikpapan plaza ini berjalan baik, mudahan pada hari H nanti juga bisa dilaksanakan dengan baik,” harap Rizal.

2. Kegiatan akan dilaksanakan di 15 titik persimpangan

Saat Peringatan Detik-detik Proklamasi, Semua Kendaraan Harus BerhentiIDN Times / Hilmansyah

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, dari 25 persimpangan yang ada di Kota Balikpapan, kegiatan perayaan detik-detik proklamasi diadakan di 15 jalan utama Kota Balikpapan.

“Dalam pelaksanaannya nanti, kami akan melibatkan sebanyak 200 orang yang meliputi Dishub, Satpol PP, TNI-POLRI, Pramuka dan PPI, mereka akan mengarahkan pengguna jalan yang berhenti di persimpangan untuk turun dari kendaraannya atau keluar dari mobilnya kemudian untuk berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna,” jelas Sudirman.

Sudirman menambahkan, di setiap satu ruas simpang jalan akan dibutuhkan 5-6 orang yang nantinya bertugas di depan, tengah hingga di bagian belakang kendaraan.

Baca Juga: Bawaslu Balikpapan Temukan Stiker Coklit Masih Pakai Jadwal Lama 

3. Warga yang memiliki keperluan darurat bisa tetap berkendara

Saat Peringatan Detik-detik Proklamasi, Semua Kendaraan Harus BerhentiIDN Times / Hilmansyah

Dalam pelaksanaannya nanti, pengguna jalan dalam keadaan kedaruratan masih bisa melanjutkan berkendara. Misalnya ambulans yang membawa pasien, mobil pemadam kebakaran, serta keadaan darurat lainnya.

“Kami akan menyiapkan petugas yang akan mengarahkan dan mengawal kendaraan kedaruratan yang akan melintas di kawasan persimpangan yang melaksanakan perayaan detik-detik proklamasi,” tutup Sudirman.

Pemkot Balikpapan akan melaksanakan perayaan detik-detik proklamasi di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan dengan jumlah peserta yang terbatas. Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih hanya akan dilakukan oleh tiga orang Paskibraka, begitu juga dengan penurunan bendera di sore harinya.

Baca Juga: Balikpapan Kembali Menambah Kasus Kematian Pasien Positif COVID-19

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya