Tujuh Bangunan di Balikpapan Ludes Diamuk Si Jago Merah

Kebakaran terjadi usai warga sahur Ramadan

Balikpapan, IDN Times - Tujuh bangunan warga di Jalan Soekarno Hatta Km 9 RT 67di Kelurahan Graha Indah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ludes diamuk si jago merah, Rabu (12/4/2023) pukul 05.15 Wita. Bencana kebakaran terjadi setelah masyarakat menjalankan santap sahur Ramadan. 

"Kejadian sebelum salat Subuh, api sudah nyala sampai depan rumah, sudah bunyi kaca pecah-pecah dari tengah sampai depan. Saya dengar suara barang pecah saya kira apa, ternyata api sudah membakar semuanya," kata seorang saksi mata bernama Bunga. 

Api mulai berkobar dini hari sesaat suara azan Salat Subuh dikumandangkan. Kobaran api cukup besar  membuat warga panik untuk berupaya menyelamatkan diri. Api diduga bersumber dari salah satu rumah warga yang dalam kondisi kosong. 

1. Tidak sempat menyelamatkan barang-barang

Tujuh Bangunan di Balikpapan Ludes Diamuk Si Jago MerahTujuh bangunan warga di Jalan Soekarno Hatta Km 9 RT 67di Kelurahan Graha Indah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ludes diamuk si jago merah, Rabu (12/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Bunga menambahkan, akibat panik karena api yang sudah membesar sebagian besar warga korban kebakaran ini belum sempat menyelamatkan barang berharga yang ada di dalam rumah.

“Saya keluar rumah langsung berteriak meminta tolong, kemudian warga baru keluar melihat kobaran api,” ungkapnya.

Kemudian dengan peralatan seadanya berupaya memadamkan api, namun api yang sudah terlanjur membesar sulit untuk dipadamkan.

Baca Juga: Bisnis Fesyen Lokal Balikpapan Ryndy Shop Utamakan Kualitas

2. BPDB kerahkan 10 unit mobil PMK

Tujuh Bangunan di Balikpapan Ludes Diamuk Si Jago MerahPelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali mengatakan, setidaknya 10 unit mobil pemadam dikerahkan oleh BPBD untuk memadamkan api hingga pendinginan dilakukan.

“Api baru dapat kita kuasai sekitar pukul 06.10 Wita. Dalam musibah ini semua unit PMK kita kerahkan termasuk bantuan dari sejumlah instansi,” tegasnya.

Usman Ali menjelaskan bahwa setelah pendinginan dilakukan, tercatat sebanyak 6 bangunan terbakar, terdiri dari 3 unit rumah, 3 unit ruko kecil, dan 1 dapur.

“Total ada 6 bangunan dan 1 terdampak ya. Dan alhamdulillah tidak ada korban,” ucapnya.

3. Korban luka bakar dirawat di RS Ibu Sina

Tujuh Bangunan di Balikpapan Ludes Diamuk Si Jago MerahTujuh bangunan warga di Jalan Soekarno Hatta Km 9 RT 67di Kelurahan Graha Indah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ludes diamuk si jago merah, Rabu (12/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Pantauan IDN Times di lapangan, bencana kebakaran ini totalnya menghanguskan sebanyak enam bangunan milik 5 kepala keluarga beranggotakan 20 jiwa. Para pemilik bangunan tersebut di antaranya Mastari, Sugeng, Sopian, Masniah, dan Bunga. 

Sementara seorang warga yang mengalami luka bakar dalam musibah kebakaran ini masih menjalani perawatan di RS Ibnu Sina Balikpapan.

Baca Juga: Jaringan Pengedar Narkoba di Gunung Bugis Balikpapan Dibongkar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya