Ini 3 Daerah yang Sering Kirim Tembakau Ganja Sintetis ke Balikpapan

BNNK Balikpapan berhasil ungkap 5 kasus sepanjang 2021

Balikpapan, IDN Times - Permasalahan narkoba tetap menjadi ancaman serius di tengah pandemik COVID-19. Hasil uji survei prevelensi penyalahgunaan  narkoba tahun 2021, yang diselenggarakan oleh BNN bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap angka prevelensi penyalahgunaan narkoba secara nasional mengalami kenaikan pada kategori setahun pakai dari 1,8 persen pada tahun 2019 menjadi 1,95 persen pada tahun 2021.

Kenaikan angka prevelensi itu dibarengi dengan peningkatan angka penyalahgunaan narkoba pada kelompok perempuan.

"BNNK Balikpapan pun menggelorakan "War on Drugs" dengan strategi P4GN. Yaitu soft power approach, hard power approach, dan smart power approach," terang Kapala Badan Narkotika Nasional Kota Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) Kompol Risnoto, dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021).

1. Pengungkapan sepanjang tahun 2021

Ini 3 Daerah yang Sering Kirim Tembakau Ganja Sintetis ke BalikpapanIlustrasi barang bukti sabu - sabu (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Risnoto mengatakan, sepanjang tahun 2021 pihaknya berhasil mengungkap 5 kasus narkotika dengan 6 tersangka beserta barang bukti sebesar 21,55 gram untuk jenis sabu. Tak hanya itu BNN juga menindak tembakau ganja sintetis sebesar 33,54 gram.

"Capaian ini melebihi target yang sebelumnya telah ditetapkan sebanyak 4 kasus di tahun 2021," ucapnya.

Baca Juga: Tiga Gembong Narkoba di Kaltim Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

2. Rahabilitasi dari BNNK Balikpapan

Ini 3 Daerah yang Sering Kirim Tembakau Ganja Sintetis ke BalikpapanIDN Times/Patiar Manurung

Sementara itu, dibarengi dengan pengungkapannya, BNNK Balikpapan juga memberikan pelayanan rehabilitasi oleh institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) BNNK Balikpapan. Dengan data, rehabilitasi rawat jalan sebanyak 73 orang dan rawat inap 18 orang.

"Untuk yang rawat inap, mereka direhabilitasi di Tanah Merah, Samarinda," kata dia.

Selain itu, BNNK Balikpapan juga membentuk pusat rehabilitasi masyarakat yang disebut Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), sebagai bentuk kolaborasi program Kelurahan Bersinar di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

3. Pengungkapan kasus tembakau ganja sintetis

Ini 3 Daerah yang Sering Kirim Tembakau Ganja Sintetis ke BalikpapanIlustrasi daun ganja (IDN Times/Arief Rahmat)

Risnoto juga sempat menjelaskan, terkait tembakau ganja sintetis yang ditemukan pihaknya sempat beredar di Balikpapan. Di mana jenis ganja tersebut lebih berbahaya dibanding zat lainnya, karena mengandung bahan kimia.

Yang mana, petugas BNNK Balikpapan berhasil menangkap 1 pelaku yang berperan sebagai pemesan. Tembakau ganja sintetis itu dikirim melalui jasa ekspedisi.

"Ada sekitar 20 gram yang kami amankan," ucap Risnoto.

Dirinya mengungkap, jika barang seperti ini biasanya datang dari 3 daerah, yakni bisa dari Makassar, Bandung, ataupun Jakarta.

Baca Juga: Razia di THM Balikpapan Menemukan Pengguna Narkoba dan Sajam 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya