Comscore Tracker

Tertarik, Dubes India Ingin Kaltim Jadi Lokasi Syuting Bollywood

Dubes India Lirik Potensi Kerjasama Pariwisata dengan Kaltim

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia HE Manoj Kumar Bharti ke Benua Etam, Rabu (19/1/2022).

Kedatangan Dubes India disambut Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Hadi menjelaskan, kunjungan dari Dubes India karena berkeinginan melanjutkan hubungan diplomatik mereka dengan Indonesia.

Rupanya potensi Kaltim mendapat lirikan. Di antaranya dari segi pariwisata, budaya, dan pendidikannya. 

"Ada beberapa program yang ditawarkan Dubes. Dia menawarkan investasi di Kaltim. Bahkan, menawarkan beasiswa India yang setiap tahun ada dengan kuota 100 untuk orang Indonesia," jelas Hadi.

1. Ingin buat film di Kaltim

Tertarik, Dubes India Ingin Kaltim Jadi Lokasi Syuting Bollywood(Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Selain itu, Dubes India untuk Indonesia HE Manoj Kumar Bharti juga memiliki keinginan dan harapan agar kelak Kaltim bisa menjadi lokasi shoting produksi film yang dibintangi artis India.

Menanggapi itu, Hadi Mulyadi jelas menyambut dengan baik. Bahkan menawarkan Pulau Maratau dan wilayah kepulauannya serta Museum Mulawarman menjadi lokasi pengambilan shoting film yang bernuansa sejarah.

"Filmnya bisa berhubungan dengan sejarah kerajaan atau Kesultanan Kutai. Insyaallah bagus. Lokasi juga banyak," ucap Hadi Mulyadi

Baca Juga: Polda Kaltim Siapkan Operasi Pengamanan IKN, Setahun ke Depan

2. Dukung produksi film India di Kaltim

Tertarik, Dubes India Ingin Kaltim Jadi Lokasi Syuting Bollywood(Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Hadi menjelaskan, ada banyak potensi dan pengalaman sejarah yang bisa dijadikan produksi film di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ini.

Jalan menuju kawasan Kesultanan Kutai Kartanegara ini cukup luas, pedalamannya berada di wilayah Sebulu dan Muara Kaman.

Akses menuju wilayah tersebut bisa menggunakan transportasi darat.

"Insyaallah kami sangat mendukung jika ada tim perfilman India atau produksi film ingin shoting ke Kaltim. Kami sangat senang, sehingga sejarah Kesultanan atau Kerajaan Kutai Kartanegara juga dikenal mancanegara," tutur dia.

3. Ingin berkunjung kembali

Tertarik, Dubes India Ingin Kaltim Jadi Lokasi Syuting Bollywood(Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Meski hanya pertemuan singkat, ke depan diharapkan hubungan diplomatik ini, termasuk dengan Provinsi Kaltim dapat berkelanjutan. Bahkan, dubes berkeinginan untuk datang kembali.

"Dubes India ingin datang kembali ke Kaltim untuk melanjutkan hubungan dengan pemerintah daerah yang lebih teknis lagi, termasuk investasi," jelasnya.

Diketahui, kunjungan oleh Dubes India ini ke Kaltim merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

Baca Juga: Vaksinasi Anak, Kapolda Kaltim Tinjau SDN di Sepaku PPU 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya