Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga Arung

Bupati silaturahmi bersama warga

Kutai Kartanegara, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) rencananya melakukan revitalisasi Pasar Tangga Arung, di Tenggarong. Namun sebelum dilakukan revitalisasi, Pemkab Kukar  terlebih dahulu meminta masukan dari para pedagang maupun pemilik lapak di Pasar Tangga Arung dan Pasar Mangkurawang. 

“Silaturahmi ini bertujuan untuk menampung aspirasi para pedagang di kedua pasar, sekaligus menyampaikan rencana revitalisasi Pasar Tangga Arung. Pada prinsipnya tetap terintegrasi dengan Pasar Mangkurawang," kata Bupati Kukar Edi Damansyah seperti dilansir dari ANTARA pada Sabtu (8/10/2022).

1. Tahap studi dan perencanaan

Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga ArungIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kegiatan silaturahmi tersebut dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar Sunggono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Arfan Boma beserta jajaran, Camat Tenggarong Sukono dan para pedagang Pasar Tangga Arung dan Mangkurawang.

Edi Damansyah menjelaskan, untuk proses saat ini revitalisasi Pasar Tangga Arung telah memasuki tahap persiapan studi dan perencanaan.

Baca Juga: Pria di Balikpapan yang Bakar Istrinya hingga Tewas Kini Tahanan Rumah

2. Sudah lama dipersiapkan

Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga ArungIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dia juga berharap dukungan berupa komunikasi dari pedagang yang dapat membantu pembangunan.  Mengingat rencana  tersebut telah lama dipersiapkan, berbagai usulan dan aspirasi telah tersampaikan.

“Saya pastikan keputusan revitalisasi ini dilandasi aspirasi rakyat dan untuk rakyat. Pasar ini tujuan untuk  kebaikan, jangan sampai malah sebaliknya,” katanya.

3. Bangkitkan perekonomian warga

Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga ArungIlustrasi neraca perdagangan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Lanjut Edi Damansyah,  rencana kami Pemkab Kukar dan keinginan masyarakat dengan adanya pusat perdagangan Tenggarong bisa memberikan daya ungkit terhadap pengembangan ekonomi Kukar dapat terwujud.

“Tiap aspirasi maupun usulan para pedagang kami dengar dan kami jawab, diantaranya adalah menawarkan program Pemkab Kukar untuk menunjang usaha mereka dari segi permodalan, yakni Kukar Kredit Idaman,” tuturnya.

 

4. Disambut baik

Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga Arungilustrasi pasar tradisional (IDN Times/istimewa)

Adapun usulan dari salah satu pedagang Tangga Arung Haidi Rahman, terkait revitalisasi yang akan dilakukan Pemkab Kukar, disambut baik dan menyampaikan  usulan.

“Revitalisasi  Pasar Tangga Arung diharapkan dapat memberi kenyamanan maksimal bagi pedagang maupun pembeli.  Bangunan pasar  2 sampai  3 lantai  tentunya  penyediaan lahan parkir, hingga pembenahan gorong-gorong,” usul Haidi.

5. Masukan untuk pemkab

Pemkab Kukar Berencana Merevitalisasi Pasar Tangga ArungIlustrasi pasar tradisional IDN Times/Ervan Masbanjar

Bupati Edi Damansyah menegaskan, usulan  tersebut  akan  menjadi bahan masukan Pemkab Kukar. Apa yang telah diterima pada usulan tersebut akan menjadi masukan bagi Dinas PU untuk melapor melalui Detail Engineering Design (DED). Baik itu lahan parkir, hingga tempat-tempat usaha, pusat cinderamata, kuliner, UMKM dan lainnya.

"Semoga forum ini bisa terus dilakukan, karena masukan dan usulan teman-teman pedagang harus didengarkan dulu. Kemudian bagaimana kita mempersiapkan desain, data-data dan di update terus,“ tutupnya.

Baca Juga: Ribuan Guru Geruduk Balai Kota Samarinda, Tuntut Hak Ini

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya