Bulog Kaltim Pastikan Stok Beras Mencukupi hingga Lebaran 

Total stok beras mencapai 20 ribu ton

Samarinda, IDN Times - Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) memastikan bahwa stok beras di pasar akan mencukupi hingga setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, atau April 2024.

"Stok beras di gudang masih mencukupi. Saat ini, total stok mencapai sekitar 20 ribu ton," ungkap Pimpinan Perum Bulog Kantor Wilayah Kaltim-Kaltara Mersi Windrayani diberikan Antara di Balikpapan, Jumat (23/2/2024).

1. Stok beras mencukupi hingga bulan Juli 2024

Bulog Kaltim Pastikan Stok Beras Mencukupi hingga Lebaran Stok beras dari Bulog Kalsel yang masih aman.

Mersi juga menegaskan bahwa stok tersebut diperkirakan akan mencukupi hingga bulan Juli 2024. Menurutnya, Bulog Kaltim akan menambah stok saat masa panen raya yang diperkirakan akan terjadi pada awal Maret atau April mendatang.

"Kami ingin memastikan kepada masyarakat bahwa ketersediaan bahan pangan di Kalimantan Timur tidak perlu dikhawatirkan," ujarnya.

Mersi menjelaskan bahwa sekitar 2.500 ton beras telah dialokasikan untuk Kota Balikpapan dari total 20 ribu ton tersebut. Pasar utama yang menjadi fokus Bulog Kaltim di Balikpapan adalah Pasar Pandan Sari.

"Kami memasok sekitar 20-30 ton beras per hari untuk pasar tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Muay Thai di Samarinda, Kebugaran Tubuh dan Kesehatan Mental

2. Faktor alam akibatkan penundaan masa panen beras

Bulog Kaltim Pastikan Stok Beras Mencukupi hingga Lebaran Ilustrasi stok beras Perum Bulog Kanwil Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mersi mengakui adanya kenaikan harga beras di pasar yang disebabkan oleh faktor alam seperti fenomena El-Nino, yang mengakibatkan penundaan masa panen beras.

"Tetapi perlu dicatat bahwa kenaikan harga terjadi pada beras premium, sedangkan beras yang kami pasok adalah beras medium," jelasnya.

Beras medium yang disediakan oleh Bulog, lanjutnya, berperan sebagai penyeimbang harga dan pasokan di pasar, baik pasar tradisional maupun modern, serta di toko-toko di seluruh Kaltim.

3. Harga eceran tertinggi beras di Kaltim Rp11.500 per kilogram

Bulog Kaltim Pastikan Stok Beras Mencukupi hingga Lebaran Stok beras SPHP di Gudang Bulog Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mersi menjelaskan bahwa beras medium Bulog memiliki Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp11.500 per kilogram. Bulog juga telah mengeluarkan surat pernyataan kepada agen dan pengecer untuk tidak menjual beras di atas HET.

"Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran atau penyalahgunaan ini," tegasnya.

Selain itu, Mersi juga mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan dinas terkait untuk menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPN).

"Menjelang bulan Ramadan, permintaan akan gerakan ini tentu akan meningkat," katanya.

Baca Juga: Pemutaran Film "Eksil" di Bioskop Samarinda  Mendadak Dibatalkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya