Comscore Tracker

DKK: Sebanyak 380 Warga Samarinda Positif Terjangkit HIV/AIDS

Angka yang terbilang besar dan patut diwaspadai

Samarinda, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda Ismid Kusasih mengatakan ada sekitar 380 orang warga setempat yang terjangkit penyakit  HIV/AIDS merupakan angka yang besar dan patut diwaspadai.

“Dari data kami terbaru sampai saat ini warga Samarinda yang terjangkit HIV/AIDS sebanyak 380 orang melalui hasil screening. Perlunya menjaga diri dan keluarga terhadap perilaku yang memicu terjadinya HIV/AIDS,” katanya di Samarinda diberitakan Antara pada peringatan Hari AIDS sedunia, Minggu (4/12/2022).

1. Bertepatan dengan Peringatan Hari AIDS

DKK: Sebanyak 380 Warga Samarinda Positif Terjangkit HIV/AIDSNapi Rutan Gresik jalani skrining HIV/AIDS bertepatan dengan peringatan Hari Aids. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Ia mengatakan, Peringatan Hari AIDS  setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat akan pentingnya pencegahan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam pengendalian AIDS.

Ismid  menjelaskan, HIV/AIDS  bisa tertular  melalui tiga hal,  pertama,  menular dari hubungan seksual. Kedua, dari penyaluran air susu ibu (ASI) dan ketiga, penyakit melalui transfusi darah.

Baca Juga: Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin Mudah

2. Faktor penularan HIV/AIDS

DKK: Sebanyak 380 Warga Samarinda Positif Terjangkit HIV/AIDSilustrasi AIDS (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia  menyebutkan, dari  ketiga faktor penularan tersebut, yang  terbesar adalah dari hubungan seks bebas. Dari hubungan seks tersebut paling banyak adalah hubungan LSL (lelaki suka lelaki).

Menurutnya, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi kesehatan melainkan tanggung jawab  bersama untuk memberikan sosialisasi dan edukasi bagaimana menghindari perilaku seks yang menyimpang.

3. Dinkes Samarinda melakukan penanganan HIV/AIDS

DKK: Sebanyak 380 Warga Samarinda Positif Terjangkit HIV/AIDSNapi Rutan Gresik jalani skrining HIV/AIDS bertepatan dengan peringatan Hari Aids. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Dinkes  Samarinda senantiasa melakukan penanganan HIV/AIDS, sekarang  kami mempunyai laboratorium kesehatan daerah.

Laboratorium ini merupakan laboratorium molekuler dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya penanganan terhadap HIV/AIDS.

Baca Juga: Pria di Samarinda yang Tikam Penjual Obat, Memiliki Gangguan Mental

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya