Rombongan Perahu Sandeq Sudah Berlabuh di Pantai Manggar Balikpapan

Berlayar dari Mamuju hingga berlabuh di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Rombongan perahu sandeq sudah berlabuh di Pantai Manggar Segara Indah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (7/9/2022) pukul 15.39 Wita. Puluhan perahu sandeq ini berlayar dari Mamuju Sulawesi Barat dalam rangkaian Festival Sandeq 2022 "Indonesia Mendukung IKN" yang digelar 7-9 September 2022.

Dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, rombongan perahu dari pulau seberang Benua Etam ini dipimpin langsung Pj Gubernur Sulawesi Barat Dr Akmal Malik beserta enam bupati se Sulawesi Barat.

Tampak Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele, Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi, Bupati Mamuju Tengah Aras Tammauni, Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa dan Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar.

1. Pj Gubernur Sulbar memimpin langsung rombongan

Acara penyambutan perahu sandeq yang secara khusus hadir di Kota Beriman dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIX, 9 September 2022, diawali penarikan perahu kedaratan, dilanjutkan penyerahan cenderamata dan hasil bumi dari Sulawesi Barat.

Dalam ungkapan syukur dan terima kasihnya, Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik sangat bangga bisa datang dan menapakkan kaki di Tanah Lalutte Kaltim. 

"Seperti kata orang-orang bijak dan para leluhur kami di Sulbar dulu bahwa Lalutte itu adalah Kalimantan. Dan, alhamdulillah hari kita telah menginjakkan kaki di Tanah Lalutte," ungkap Akmal Malik disambut tepuk tangan seluruh undangan.

Baca Juga: Puluhan Perahu Sandeq akan Sandar di Pantai Manggar pada 7-9 September

2. Kisah pelayaran perahu sandeq di zaman dahulu

Rombongan Perahu Sandeq Sudah Berlabuh di Pantai Manggar BalikpapanPerahu sandeq warga Sulawesi Barat. Foto Instagram harnas.co

Terakhir ceritanya, perahu sandeq dari Sulawesi Barat melewati Pulau Balabalagan pada tahun 1982 dan hari ini setelah 40 tahun, baru lah perahu sandeq kembali ke Tanah Lalutte di Kaltim. 

Disebutkannya, 28 dari 30 perahu sandeq yang mengarungi laut selama 4 hari mampu mencapai tujuan di Pantai Manggar Balikpapan.

"Mereka adalah para pesandeq tangguh dan orang-orang pelaut yang gagah berani mengarungi laut dan samudra luas," tandasnya.

3. Kedatangan perahu sandeq disambut pejabat di Kaltim

Rombongan Perahu Sandeq Sudah Berlabuh di Pantai Manggar BalikpapanGubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik (tengah) saat malam persiapan kegiatan Festival Sandeq 2022. Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Bagi Akmal Malik, Kaltim bukanlah negeri yang asing bagi warga Sulbar, bahkan tidak sedikit warganya yang menjalani kehidupan di Bumi Ruhui Rahayu.

"Ini adalah langkah yang luar biasa. Kami bersyukur selama ini masyarakat Kaltim selalu menerima kami dengan tangan terbuka dan lapang dada," pungkasnya.

Pembukaan Festival Sandeq di Pantai Manggar Balikpapan dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur mewakili Gubernur Kaltim, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Balikpapan Rachmad Mas'ud, jajaran Forkopimda Kaltim dan Kota Balikpapan, serta Forkopimda Sulawesi Barat dan mantan Gubernur Sulbar Ali Ba'al Masdar. 

Baca Juga: Kebakaran Mengamuk di Kawasan Pandansari, Balikpapan Barat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya