Comscore Tracker

Vaksin Booster COVID-19 di Banjarmasin Dilaporkan Kosong

Masyarakat kesulitan mempergunakan transportasi udara

Banjarmasin, IDN Times - Stok vaksinasi booster COVID-19 di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) dilaporkan kosong selama hampir sebulan ini. Belum dapat dipastikan kapan vaksin booster akan diterima warga Banjarmasin. 

Tapi persoalan ini membuat warga Banjarmasin sulit memanfaatkan jasa transportasi udara. Hal itu sesuai dengan petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemik COVID-19

"Sudah keliling tapi vaksin belum dapat, bisa gak ya naik pesawat kalau booster benar-benar kosong. Tapi kata teman agar meminta surat keterangan ke  Dinas Kesehatan Banjarmasin," kata Didi, salah seorang warga Banjarmasin, Selasa (18/10/2022).

1. Vaksin booster kosong di Banjarmasin sebulan ini

Vaksin Booster COVID-19 di Banjarmasin Dilaporkan KosongSejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/10/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/nym

Didi mengatakan, stok vaksin di Banjarmasin sudah kosong hampir sebulan ini. Belum dapat dipastikan kapan stok cairan pencegah COVID-19 diterima di Banjarmasin.

Sementara banyak warga yang kebingungan harus mencari di mana vaksin booster diperoleh. Masyarakat terancam akan ditahan petugas bandara di Banjarmasin saat melakukan perjalanan transportasi udara. 

Didi mengaku sudah berupaya memperoleh suntikan vaksin booster ke mana-mana. 

Baca Juga: Lima Parpol Tidak Lolos Verifikasi Administrasi di KPUD Banjarmasin

2. Kesaksian warga Banjarmasin lainnya

Vaksin Booster COVID-19 di Banjarmasin Dilaporkan KosongIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kesaksian lainnya pun disampaikan Jumi, seorang warga Kelayan Banjarmasin. Ia pun kesulitan mendapatkan vaksin booster untuk kepentingan penerbangan. Karena stok vaksin kosong, perempuan ini berharap tetap bisa melakukan perjalanan dengan pesawat.

"Di mana-mana kosong, mudahan saja paham pihak penerbangan dengan kondisi ini," bebernya.

Kalaupun pihak bandara tidak memaklumi hal tersebut, para penumpang tentunya tidak bisa berbuat apa-apa. 

3. Pihak Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin tidak bisa berbuat apa-apa

Vaksin Booster COVID-19 di Banjarmasin Dilaporkan Kosongilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin M Ramadhan pihaknya tidak bisa berbuat banyak soal kekosongan vaksin. Apalagi vaksin ketiga itu menjadi syarat penerbangan, karena itu ranah pihak penerbangan.

Namun, yang bisa dilakukan pihaknya hanya mengeluarkan keterangan bahwa stok vaksin di Banjarmasin sedang kosong.

"Vaksin ini kosong sejak 21 September lalu dan kami telah mengeluarkan keterangan itu. Terkait syarat dalam penerbangan bukan wewenang kami. Mudahan saja nanti segera datang stok baru," tutupnya.

Baca Juga: Pandemik Mereda, Angka Kemiskinan di Banjarmasin Malah Meningkat

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya