Cuaca Buruk Melanda Balikpapan, Harga Bawang Meroket

Harga bawang putih tembus Rp70 ribu per kilogram

Balikpapan, IDN Times – Hampir setiap hari hujan dengan intensitas ringan hingga deras mengguyur Baikpapan. Kondisi ini rupanya mempengaruhi harga komoditas pangan jenis bawang di kota tersebut.

Kamis (6/1) siang, IDN Times memantau harga bawang merah dan putih di Balikpapan. Dari dua pasar tradisional yang dikunjungi, hampir semua pedagang kompak menyatakan harga bawang merah dan putih naik.

1. Bawang merah naik Rp10 ribu, bawang putih naik Rp30 ribu

Cuaca Buruk Melanda Balikpapan, Harga Bawang MeroketIDN Times/M.Idris

Seperti di Pasar Klandasan, Balikpapan Kota. Ada tiga pedagang bawang dijumpai awak media ini di sana. Ketiganya itu menyebut, harga bawang merah naik Rp10 ribu per kilogram (kg). Sedangkan bawang putih naik Rp30 per kg.

“Sekarang bawang putih Rp70 ribu per kilogram, sebelumnya Rp40 ribu. Kalau bawang merah Rp50 ribu, sebelumnya juga Rp 40 ribu,” kata Syarif (26), pedagang bawang di Pasar Klandasan.

2. Cuaca buruk pengaruhi stok bawang

Cuaca Buruk Melanda Balikpapan, Harga Bawang MeroketIlustrasi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pedagang bawang lainnya di Pasar Klandasan, Hasnah (45), juga menyampaikan hal yang sama. Harga bawang merah dan putih di lapaknya juga naik seperti harga di tempat Syarif.

“Sama aja semua, Mas. Kalau di sini naik pasti di lain juga naik, karena satu agen. Ya, paling beda-beda tipis lah,” kata perempuan berkerudung itu.

Berdasarkan pengalamannya, kenaikan harga ini dikarenakan stok bawang di agen menipis. Hal itu terjadi karena faktor cuaca. Balikpapan yang saat ini memasuki musim penghujan yang membuat arus laut menjadi tinggi. Sehingga distributor dari luar daerah kesulitan memasok bawang ke Balikpapan.

“Gara-gara cuaca buruk, stok bawang terus menipis, karena jarang datang lagi,” tandas Hasnah.

3. Bawang mahal, konsumen mengeluh

Cuaca Buruk Melanda Balikpapan, Harga Bawang MeroketSeorang pedagang saat menunjukan tumpah bawang putih di lapaknya. IDN Times/Fariz Fardianto

Kenaikan harga bawang merah dan putih juga disampaikan Yossy (32), pedagang bawang di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat. Kata dia, harga bawang putih dagangannya berada di angka Rp65 ribu per kg, sedangkan bawang merah Rp50 ribu per kg.

“Sebelumnya bawang putih Rp38 ribu dan bawang merah Rp 35 sampai Rp 40 ribu per kilo. Kenaikan ini sudah terjadi sekitar dua mingguan,” sebutnya.

Kenaikan harga ini membuat salah seorang konsumen bawang seperti Desi menjerit. Kata dia, mahalnya harga bawang merah dan putih saat ini membuat ia harus mengurangi jatah menggunakan bawang.

“Ya, mau kaya mana lagi, namanya kita butuh. Jadi saya beli sedikit-sedikit aja sekarang,” kata ibu rumah tangga itu di Pasar Pandansari.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya