Tak Perlu ke Kantor Polisi Lagi, Urus SKCK Cukup Datangi 3 Tempat Ini

Program SKCK keliling dari Polres Kutim ramai pengunjung

Kutai Timur, IDN Times – Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ini penting, terutama ketika melamar pekerjaan atau hendak masuk kampus. Demi memudahkan warga, Polres Kutai Timur (Kutim) pun merilis program baru yakni SKCK keliling. Dengan cara ini warga tak perlu lagi berbondong-bondong ke kantor polisi.

Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo mengatakan, SKCK keliling telah dirilis pada Jumat (28/2) kemarin. Namun, program tersebut belum menjangkau seluruh wilayah di Kutim. Saat ini baru tersedia di Kecamatan Sangatta.

“Ini masih baru. Ke depannya pasti akan kami perluas lagi jangkauannya,” katanya dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (29/2).

1. Mobil SKCK akan keliling ke tiga lokasi di Sangatta

Tak Perlu ke Kantor Polisi Lagi, Urus SKCK Cukup Datangi 3 Tempat IniMobil pelayanan SKCK keliling di Sangatta. (Sumber: Polres Kutim)

Dijelaskan Indras, SKCK keliling ini menggunakan mobil yang telah dimodifikasi khusus untuk menunjang pembuatan SKCK. Di dalam mobil ini, terdapat fasilitas-fasilitas pembuatan SKCK, dan tentunya ada petugas kepolisian yang siap melayani pemohon SKCK.

Ada tiga titik yang menjadi lokasi persinggahan mobil SKCK keliling ini di Sangatta. Yakni di Townhall Swarga Bara, Kecamatan Teluk Pandan, dan halaman Pospol Sangatta Selatan. Secara bergantian, mobil SKCK keliling akan singgah di lokasi tersebut setiap harinya, kecuali hari libur.

“Tentu akan kami terus tingkatkan pelayanan ke masyarakat seperti ini. Lokasinya juga akan terus berpindah-pindah dan kami pilih di lokasi keramaian masyarakat,” terangnya.

2. Dua hari berjalan, puluhan warga datangi SKCK keliling

Tak Perlu ke Kantor Polisi Lagi, Urus SKCK Cukup Datangi 3 Tempat IniPemohon SKCK berfoto bersama petugas SKCK keliling. (Sumber: Polres Kutim)

Indras menerangkan, animo masyarakat Kutim terlihat cukup tinggi dalam pelaksanaan SKCK keliling ini. Sebab, sejak dirilis hingga hari ini, mobil SKCK keliling selalu ramai dikunjungi warga yang ingin membuat surat SKCK.

“Dalam dua hari ini, sudah ada sekitar 60 pemohon SKCK di tiga lokasi itu,” terang perwira melati dua di pundak itu.

3. SKCK keliling membuat warga dan polisi semakin dekat

Tak Perlu ke Kantor Polisi Lagi, Urus SKCK Cukup Datangi 3 Tempat IniDua warga Sangatta tengah mengurus SKCK. (Sumber: Polres Kutim)

Indras  menambahkan program tersebut merupakan bentuk nyata polri dalam memberikan layanan terbaik dan mudah kepada masyarakat. Selain itu, SKCK keliling bertujuan untuk mendekatkan polri dengan masyarakat, khususnya warga Kutim.

“Ini salah satu cara kami agar dapat lebih dekat dengan masyarakat. Mereka tidak perlu jauh-jauh ke polres untuk mengurus SKCK, cukup datang ke tempat-tempat yang sudah kami persiapkan,” pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya