Comscore Tracker

Awas! Samarinda Kembali Dominasi Tambahan Positif COVID-19 di Kaltim

Tingkat kematian positif COVID-19 di Kaltim mulai turun

Samarinda, IDN Times - Meski tren kesembuhan di Kaltim meningkat, kasus harian positif COVID-19 di Bumi Etam cenderung tetap tinggi. Termasuk pada laporan Rabu, 21 Oktober 2020. Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim mengumumkan tambahan 183 kasus positif virus corona di Kaltim. Membuat total kasus positif di provinsi ini bertambah menjadi 12.221. Atau 328,4 kasus per 100 ribu penduduk.

“Berdasar laporan hingga pukul 12.00 Wita tersebut, tambahan kasus positif berasal dari Kutai Barat 4 kasus, Kutai Timur 27 kasus, Paser 12 kasus, Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 27 kasus, Bontang 7 kasus, dan Samarinda 103 kasus,” urai Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim pada Rabu petang.

1. Tingkat kematian positif COVID-19 di Kaltim mulai turun jadi 3,6 persen

Awas! Samarinda Kembali Dominasi Tambahan Positif COVID-19 di KaltimInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Penambahan pasien sembuh dilaporkan sebanyak 110 kasus. Dengan perincian dari Kutai Timur 9 kasus, Paser 2 kasus, Balikpapan 24 kasus, Bontang 6 kasus, dan Samarinda 69 kasus. Dengan penambahan 110 kasus sembuh, total kesembuhan dari COVID-19 di Kaltim kini mencapai 9080 orang. Atau mencapai 74,3 persen dari total kasus terkonfirmasi positif virus corona. Sementara tingkat kematian kembali turun jadi 3,6 persen dengan hanya tambahan 5 kasus per hari ini.

“Dilaporkan dari Kutai Timur 1 kasus, Bontang 1 kasus, dan Samarinda 3 kasus. Hingga kini masih ada 2.696 pasien masih dalam perawatan dan isolasi mandiri,” terangnya.

Baca Juga: Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di Kaltim

2. Kasus positif kembali tak tercatat di Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim

Awas! Samarinda Kembali Dominasi Tambahan Positif COVID-19 di KaltimIlustrasi pemakaman jenazah COVID-19. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara itu, mengacu rilis Tim Satgas Kaltim tersebut, tak satu pun kasus terlapor dari Kutai Kartanegara (Kukar). Sementara berdasar rilis Tim Satgas Kukar yang diterima IDN Times pada Rabu malam, dilaporkan sebanyak 44 kasus terkonfirmasi positif dan 13 orang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar melalui Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti menyampaikan, total kasus positif virus corona di kabupaten tersebut kini mencapai 1.959 kasus. Terdiri dari 1.949 kasus baru dan 10 kasus reinfeksi. Dari jumlah tersebut, 748 kasus masih melakukan isolasi dan 1.176 orang dinyatakan sembuh. Sementara kasus kematian dilaporkan sebanyak 35 orang dan tiga lainnya berstatus probable.

“Selalu saya mengajak masyarakat Kukar agar dengan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19,” sebut dr Martina Yulianti.

3. Selalu gunakan masker saat berada di luar rumah

Awas! Samarinda Kembali Dominasi Tambahan Positif COVID-19 di KaltimIlustrasi pasien virus corona. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Adapun langkah memutus sebaran COVID-19, kata dia, adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Meliputi menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu menggunakan masker ketika bersama orang lain dan selama di luar rumah. juga menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Serta yang juga penting adalah tidak bepergian keluar daerah, khususnya daerah yang masih terpapar COVID-19,” tuturnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Waspada! Angka Positif COVID-19 di Kaltim Tembus 12 Ribu Kasus

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya