Comscore Tracker

Sambut Ibu Kota Baru, Wika Beton Siap Bangun Pabrik di Kaltim

Rencana hilirisasi akan terwujud pada 2020 mendatang

Samarinda, IDN Times - Pembangunan ibu kota negara (IKN) segera dimulai pada 2020 mendatang. Skema sudah disusun matang oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Tak ingin ketinggalan kereta, PT Wijaya Karya Beton Tbk (Wika Beton) pun bersiap melakukan hilirisasi ke Bumi Mulawarman--sebutan Kaltim.

"Ya, rencananya pada 2020 nanti kami akan membangun pabrik di Kaltim," ucap Direktur Teknik PT Wika Beton, Sidiq Purnomo seusai menjadi pembicara pada Seminar Regional Teknik Sipil Universitas Mulawarman dengan tema "Pengaruh Perpindahan Ibu Kota Negara terhadap Pengembangan Infrastruktur dan Tata Ruang Wilayah Kalimantan Timur", pada Rabu (4/12).

1. Demi mendukung IKN, Wika Beton siap mengambil bahan penunjang dari daerah lain

Sambut Ibu Kota Baru, Wika Beton Siap Bangun Pabrik di KaltimDirektur Teknik PT Wika Beton, Sidiq Purnomo (IDN Times/Yuda Almerio)

Rencana tersebut bukan tanpa alasan, Wika Beton adalah salah satu perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk beton pracetak dan merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT. Wijaya Karya Persero, yang tak perlu lagi diragukan dalam urusan pembangunan infrastruktur.

Itu sebabnya, Sidiq mengatakan pihaknya akan siap ambil bagian dalam mempersiapkan ibu kota baru dari segi pengadaan material beton pracetak untuk menunjang infrastruktur di berbagai sektor.

Saat ini Wika Beton memiliki 14 Pabrik Produk Beton pracetak yang tersebar di berbagai pulau, seperti di Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Wika Beton dapat menyuplai material beton pracetak untuk mendukung pembangunan infrastruktur baru di IKN dari berbagai lokasi pabrik Wika Beton yang ada. Misal, jika diperlukan pihaknya akan mengambil cylinder pile yang hanya diproduksi di Pabrik Wika Beton Lampung Selatan. 

"Kapan saja pemerintah butuh kami selalu siap," imbuhnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Tunda Rencana Pengumuman Tim IKN Daerah 

2. Sudah melakukan kontak dengan pemerintah terkait IKN

Sambut Ibu Kota Baru, Wika Beton Siap Bangun Pabrik di KaltimJalan Tol Balikpapan-Samarinda (Dok. IDN Times/Istimewa)

Demi mewujudkan itu, kata dia, Wika Beton sudah mempersiapkan lahan untuk pembangunan Pabrik Beton Pracetak Baru di Wilayah Kalimantan Timur yaitu di Kariangau, Balikpapan. Namun saat ini Wika Beton masih memantau dan melakukan survei lokasi sehingga tak menutup kemungkinan pembangunan pabrik baru tersebut dapat dilakukan di Samarinda atau Penajam Paser Utara (PPU).

Wika Beton merupakan perusahaan sehat dengan catatan laba bersih Rp303,26 miliar per September 2019, lebih tinggi daripada periode tahun lalu yakni sebesar Rp279,8 miliar.  Sepanjang Januari-September 2019, Wika Beton mendapatkan nilai kontrak baru mencapai Rp4,37 triliun.

"Kontak-kontak nonformal dengan pemerintah sudah dilakukan, sebab ketika ibu kota pindah yang pertama berdiri itu PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Jadi harus menyiapkan diri," terangnya.

3. Selain infrastruktur, Wika Beton turut membangun SDM di Kaltim

Sambut Ibu Kota Baru, Wika Beton Siap Bangun Pabrik di KaltimSalah satu jembatan di jalan tol Balikpapan-Samarinda (Dok. Wika Beton)

Dia menambahkan, selain membangun infrastruktur, Wika Beton juga punya kewajiban membangun sumber daya manusia (SDM), itu sebabnya Sidiq turut menjadi pembicara dalam acara seminar yang digelar oleh Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (Unmul) pada Rabu (4/12), yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang berdiri pada 1960 itu.

"Namanya itu Wika Beton Goes to Campus. Pengetahuan dalam bidang infrastruktur itu sangat penting," tutupnya.

Baca Juga: Menteri PUPR Tinjau Jalan Tol Balsam, Progres Terhambat Tanah Bergerak

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya