Comscore Tracker

Anemia Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta-Faktanya

Atasi rambut rontok dengan memulai pola hidup sehat

Samarinda, IDN Times - Rambut rontok karena patah atau akar rambut lemah, sama-sama membuat resah si pemilik rambut. Penyebab rontok seringkali membuat bingung. Apakah karena faktor genetik, tidak cocok dengan sampo yang dipakai, vitamin rambut yang terlalu sering digunakan, atau perawatan rambut lainnya yang kurang baik.

Meskipun beragam penyebabnya, namun ternyata salah satu pemicu rambut rontok juga bisa dikarenakan anemia atau kekurangan sel darah merah, kok bisa? Begini penjelasannya.

1. Tubuh kekurangan asupan zat besi

Anemia Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta-FaktanyaIlustrasi makanan mengandung zat besi (mynetdiary.com)

Kunci untuk memiliki rambut sehat nyatanya tidak sulit. Kamu butuh menjaga sel darah merah tetap stabil dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi makan makanan yang mengandung zat besi.

"Jika tubuh kekurangan zat besi, akibatnya tubuh terserang anemia. Zat besi berguna untuk membuat hemoglobin (Hb). Kalau Hb menurun, tubuh kekurangan daya, juga memengaruhi kekuatan batang rambut," ungkap dr. Aidil Tazakka dari Samarinda Medika Citra.

Tubuh dari ujung rambut hingga kaki menjadi tidak fit karena Hb yang bertugas mengantar oksigen dan nutrisi sedikit. Jika jumlah darah lebih sedikit dan peredaran darah terganggu, folikel rambut tidak menerima oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

Apalagi, lanjut Aidil, rontoknya rambut di kepala merupakan awal dari gejala anemia yang menunjukkan salah satu bagian tubuh yang agak lemah.

Baca Juga: 5 Resep Hair Mask untuk Mengatasi Rambut Rontok, Mudah & Praktis!

2. Anemia karena genetik susah disembuhkan

Anemia Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta-FaktanyaIlustrasi hemoglobin (balloonsinuplastysurgery.com)

Anemia disebabkan banyak hal. Mulai dari sering begadang hingga pagi hari, beraktivitas pada waktu subuh, kurang mengonsumsi daging dan sayuran hijau, bahkan memang karena faktor keturunan atau genetik.

"Anemia yang diderita karena genetik, pastinya akan sulit disembuhkan," terangnya. Dengan kata lain, kerontokan rambut tidak dapat dihindari. "Mereka hanya bisa mengurangi jumlah kerontokan dengan pola hidup sehat," tambah dokter muda ini. 

Aidil tidak menyarankan untuk menggunakan obat luar atau dalam untuk rambut dengan sembarangan. Sebab kerontokan rambut karena anemia bakal semakin parah.

3. Atasi dengan mengonsumsi daging dan sayur-sayuran

Anemia Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta-FaktanyaIlustrasi sayur dan daging (Unsplash/Wesual Click)

Anemia sesungguhnya hanya bisa diatasi dengan transfusi darah. Minum suplemen penambah darah tidak dianjurkan ahli medis untuk mengatasi anemia. Namun, untuk menjaga Hb tetap stabil agar rambut tak rontok, kamu perlu mengonsumsi daging merah, sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Lantas, tidur teratur dan berolahraga juga kunci rambut sehat dan kuat.

"Tetapi jangan ambil kesimpulan sendiri. Anemia hanya salah satu penyebab. Untuk mengetahui pasti penyebab rambut rontok bisa konsultasi dengan ahli medis," tutupnya.
 

Baca Juga: 7 Makanan Kaya Zat Besi yang Baik Dikonsumsi Penderita Anemia

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You