Comscore Tracker

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin Meningkat

Apakah kamu siap menjadi berkarisma?

Balikpapan, IDN Times - Menurut KBBI "karisma" adalah atribut kepemimpinan yang didasarkan atas kualitas kepribadian individu. Orang karismatik dikagumi oleh banyak orang, karena kualitas kepemimpinan mereka. Selain itu, tipe orang yang bisa menyampaikan rasa aman dan tenang juga bisa mencerminkan karisma yang kuat dalam dirinya.

Semua orang mempunyai kesempatan untuk menjadi karismatik. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang karismatik. Berikut adalah 5 hal yang harus anda lakukan untuk menjadi orang yang memiliki jiwa karismatik.

1. Mempunyai sikap positif dan bisa menghadirkan perubahan positif

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin MeningkatIlustrasi wanita bersama teman (pexels/Ketut Subiyanto)

Karisma atau jiwa kepemimpinanmu akan terlihat, ketika kamu mampu menghadirkan sebuah perubahan positif bagi orang di sekitar kamu. Meskipun dampak positif yang dihadirkan masih kecil, kehadiranmu tetap akan dinantikan jika masih memberi pengaruh positif. 

Apabila kamu bisa meyakinkan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, mereka akan semakin mengagumi kamu.

Orang lain akan senang jika kamu mempunyai sikap positif. Jangan pernah menganggap serius hal-hal di pertemuan sosial. Berusaha untuk mengangkat suasana pertemuan, jika anda bisa mengubah keadaan yang canggung menjadi normal, maka kamu akan disenangi orang lain dalam perrtemuan.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

2. Memiliki rasa empati dan berbagi kepada sesama

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin MeningkatIlustrasi berbagi kepada sesama (pexels/Rodnae Productions)

Memiliki rasa empati untuk orang lain bisa membuat mereka merasa lebih dihargai. Ketulusan hati yang kamu tunjukkan untuk mereka bisa menghandirkan komunikasi yang baik. Rasa nyaman orang lain akan tumbuh ketika kamu tidak mementingkan diri sendiri. Kehadiran dirimu akan disambut dengan senang hati oleh orang lain.

Kamu bisa memulainya dengan berbagi kepada sesama. Berbagi merupakan hal yang biasanya dilakukan untuk menolong orang lain. Berbagi bisa dilakukan dengan berbagai cara.  Berbagi bukan hanya tentang materi dan kekayaan saja, tetapi bisa juga dengan berbagi ilmu,  info, hingga cerita yang memotivasi.

Semakin sering kamu berbagi hal yang baik, maka semakin banyak kebaikan yang bisa kamu terima dalam hidup. Ingat dalam berbagi kamu harus tetap ikhlas, jangan mengharapkan apapun. Meskipun banyak dikagumi orang, ingat itu hanyalah bonus.

3. Kenali diri dan bertumbuhlah

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin MeningkatPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu harus bisa mengenali dirimu sendiri untuk mejadi orang yang berkarisma. Kamu tidak bisa mengubah perilakumu, jika kamu tidak menyadarinya. Karisma merupakan sikap yang dimiliki seorang pemimpin.

Para pemimpin yang menginspirasi adalah orang-orang yang siap untuk belajar dan tumbuh. Mereka tidak terpaku untuk melakukan sesuatu dengan benar, mereka terpaku untuk belajar. 

4. Meningkatkan rasa percaya diri

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin MeningkatIlustrasi wanita percaya diri (pexels/Moose Photos)

Kepercayaan dirimu bisa memengaruhi karisma yang kamu miliki. Makin percaya diri, makin berkarisma dirimu. Aura dirimu yang penuh rasa percaya diri bisa mendatangkan rasa aman dan nyaman tersendiri pada diri orang lain.

Orang lain pun akan merasa nyaman denganmu karena bisa menjadi dirinya sendiri saat berada di dekatmu.

Kamu akan lebih menghargai diri sendiri, begitu juga orang lain. Jika kamu memiliki kepercayaan diri, kamu telah melakukan kerja keras- keterampilan sosial hanyalah latihan.

5. Bertanggung jawab dengan apa yang diucapkan

5 Sikap yang Membuat Karisma Kalian Makin MeningkatIlustrasi wanita karier (pexels/Moose Photos)

Memegang dan menepati apa yang diucapkan, bisa meningkatkan sikap karisma dalam dirimu. Menepati janji, melakukan tindakan yang sesuai dengan ucapan, serta menjaga komitmen akan membuat kamu menjadi lebih karismatik.

Jangan pernah melupakan janjimu dan bermuka dua karena kamu akan dijauhi oleh orang-orang di sekitar kamu.

Karisma merupakan sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Jika, anda ingin menjadi pemimpin berusahalah untuk mempunyai sikap karisma. Apakah kamu sudah siap memiliki sikap karisma?

Baca Juga: Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di Balikpapan

Edo Finar Dyo Steven Photo Community Writer Edo Finar Dyo Steven

Penulis Artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya