2 Hari Mengapung, Penumpang Kapal yang Hilang di Kalbar Ditemukan

Korban ditemukan dalam keadaan selamat setelah 2 hari

Pontianak, IDN Times - Seorang penumpang KM Bintang Group yang terjatuh dari kapal saat pamit pergi ke toilet kapal ditemukan dalam keadaan selamat. Ia ditemukan setelah kurang lebih dua hari terombang-ambing di sungai.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (27/9/2023), saat itu kapal melintasi Sungai Kapuas, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar).

Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian setelah korban dinyatakan hilang. Korban ditemukan pada Jumat (29/9/2023), sekitar pukul 01.00 WIB. Korban ditemukan dalam keadaan selamat, dan langsung diberikan pertolongan.

1. Sebelumnya korban pamit ke toilet kapal, hingga tak kunjung kembali

2 Hari Mengapung, Penumpang Kapal yang Hilang di Kalbar DitemukanTim SAR Gabungan melakukan pencarian penumpang KM. Bintang Group yang hilang. (IDN Times/Istimewa).

Pria berinisial MQ (24) yang merupakan penumpang KM Bintang Group diduga terjatuh dari kapal saat melintas Sungai Kapuas. Sebelumnya, korban pamit kepada istrinya untuk pergi ke toilet kapal.

Korban tak kunjung kembali ke lokasi duduk penumpang, hingga kapal akan menurunkan penumpang. Istri korban baru menyadari bahwa korban tak kunjung kembali setelah pamit dari toilet kapal.

“Berdasarkan keterangan istri korban, sekitar pukul 15.00 WIB korban izin kepada istri korban untuk pergi ke toilet kapal. Pada saat kapal sudah menambat dan menurunkan beberapa muatan di Steher Parit Wak Salam sekitar pukul 15.30 WIB, korban belum kembali ke kursi penumpang,” jelas Kepala Basarnas, I Made Junetra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Kulminasi Matahari di Pontianak Belum Masuk Kalender Wisata Nasional

2. Saat diperiksa, korban sudah tak ada di toilet kapal

2 Hari Mengapung, Penumpang Kapal yang Hilang di Kalbar DitemukanKorban langsung dievakuasi ke puskesmas Terentang. (IDN Times/Istimewa).

Istri korban menyadari korban hilang setelah kapal menyandar dan akan menurunkan barang, dan sejumlah penumpang. Saat itu, korban tak kunjung kembali.

Kemudian istri korban dan juragan kapal memeriksa ke toilet kapal. Namun setelah diperiksa, ternyata korban sudah tidak ada.

“Sejak semalam kami (tim SAR gabungan) telah melakukan pencarian, tim telah melakukan pencarian dengan cover area mencapai 1 Nautical Mile, pencarian terus dilakukan dengan menambah luasan wilayah pencarian,” papar Junetra.

3. Korban ditemukan selamat, setelah 2 hari terombang-ambing di sungai

2 Hari Mengapung, Penumpang Kapal yang Hilang di Kalbar DitemukanKorban penumpang yang terjatuh ditemukan setelah dua hari pencarian di sungai. (IDN Times/Istimewa).

Pada Jumat, (29/9/2023) korban yang terjatuh dari kapal ditemukan dalam keadaan selamat. Korban berhasil ditemukan oleh tim SAR Gabungan terapung di sungai dalam keadaan lemas.

“Malam tadi korban berhasil ditemukan, oleh tim SAR Gabungan yang melihat korban sedang terapung di atas sungai,” ungkap Junetra.

Korban ditemukan pada pukul 01.00 WIB, korban ditemukan sekitar 200 meter dari perkiraan terjatuh, ke arah hilir sungai lokasi penemuan korban. Korban langsung dibawa ke Puskesmas Terentang untuk mendapatkan perawatan medis.

“Untuk memastikan kondisi keselamatannya, korban kami bawa menuju Puskesmas Terentang, setelah kondisi korban stabil kemudian langsung diserahkan kepada pihak keluarga,” tukasnya.

Baca Juga: Warga Pontianak Heboh dengan Munculnya Buaya Muara di Selokan 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya