TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disdik Kaltim Sebut PPDB di Kaltim Terbaik se-Indonesia

Berlakukan sistem drive thru untuk atasi gagap teknologi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Samarinda, IDN Times - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SMA di Kalimantan Timur rupanya tak semulus seperti ditingkat SD dan SMP. Seperti persoalan PPDB di SMA 1 Balikpapan yang sempat mengalami gangguan sistem.

Menjawab perihal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi menuturkan kalau perihal tersebut hanya karena sinyal yang tidak stabil. Padahal untuk menghindari gangguan tersebut Sanusi mengaku telah menggandeng Telkom untuk pengelolaan jaringan website pendaftaran PPDB.

"Kalau pas sinyal bagus masyarakat bisa mengaksesnya. Tapi kalau jaringan tidak bagus, maka susah untuk memasuki laman tersebut," ungkap Sanusi melalui telpon selulernya, Kamis (25/6).

Baca Juga: PPDB Online, Orangtua Siswa di PPU Sempat Kesulitan Mendaftar Sekolah

1. Masyarakat diminta lebih teliti saat mengakses website PPDB online

PPDB Online PPU (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Lanjut Sanusi, pada prinsipnya tidak ada permasalahan dari laman PPDB. Jika terdapat kendala dalam mengakses website, artinya ada kesalahan ketik yang dilakukan oleh orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya. Contohnya, kata Sanusi, masyarakat ingin mendaftarkan anaknya melalui jalur prestasi. Tetapi yang bersangkutan justru keliru dengan masuk ke jalur afirmasi.

"Otomatis mereka tidak bisa mengakses website tersebut. Makanya masyarakat harus berhati-hati," katanya.

2. Berikan layanan drive thru jika sistem daring tak mempan

IDN Times/Yogi Pasha

Jika masih terjadi masalah dalam sistem PPDB secara daring, Sanusi mengaku telah mengaktifkan layanan drive thru sebagai cadangan agar penyerapan murid didik bisa berjalan lancar. Para orangtua siswa bisa datang ke sekolah dan memberikan berkas pendaftaran kepada panita pelaksana.

"Setelah berkas diberikan nanti panitia yang melakukan input data. Dan kalau ada informasi tambahan, pihak sekolah bisa menghubungi nomor yang sudah tertera di formulir. Jadi semua sudah kami antisipasi," terangnya.

Baca Juga: Disdik Samarinda: 12.230 Calon Siswa Mendaftar pada PPDB Tingkat SD 

Berita Terkini Lainnya