TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paling Banyak di Kaltim, 6 Orang Positif Virus Corona di Balikpapan 

Lima pasien yang terjangkit berasal dari Balikpapan Selatan

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi update kasus virus corona pada 20 Maret 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Angka kasus positif virus corona atau COVID-19 bertambah begitu cepat. Dalam sehari jumlah warga Kaltim yang positif terinfeksi virus corona bertambah hingga total ada sembilan orang.

Jika pada Kamis (19/03) kemarin, baru ada tiga warga Kaltim yang positif virus corona, saat ini bertambah menjadi enam orang hingga totalnya menjadi sembilan orang. Penambahan kasus sebanyak lima orang di Balikpapan dan satu orang di Tenggarong.

“Penambahan ini terbanyak dari Balikpapan dari dari cuma satu orang saat ini bertambah lima orang, sehingga totalnya penderita corona di Balikpapan menjadi 6 orang,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, dalam jumpa pers di halaman Kantor Wali kota Balikpapan, Jumat (20/3)

1. Lima pasien positif virus corona ini dari cluster Bogor dan luar negeri

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi update kasus virus corona pada 20 Maret 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Kelima pasien tersebut terdiri dari tiga laki-laki dan dua perempuan. Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif virus corona ini sebanyak 3 orang berasal dari cluster Bogor yang terkait dengan satu pasien positif yang diumumkan Kamis (19/3) kemarin. Dua diantaranya adalah pasangan suami istri.

Sementara dua orang lainnya terinfeksi virus corona dari perjalanan ke Jakarta dan Jepang.

Pasien positif COVID-19 ini sebagian menjalani perawatan yang di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo yang merupakan RS rujukan virus corona di Balikpapan. Mereka kini dalam kondisi yang baik.

“Tiga pasien baru ini berhubung erat dengan satu pasien sebelumnya karena memiliki riwayat kontak dalam pertemuan di Bogor. Sedang dua lainnya satu orang berasal dari perjalanan dinas ke Jakarta dan 1 orang lainnya setelah melakukan perjalanan ke Jepang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty yang akrab dipanggil Dio.

2. Dari sebanyak 266 ODP, 46 orang telah dinyatakan sehat

RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Selain itu terdapat sebanyak 266 Orang dalam Pengawasan (ODP). Diantaranya, sebanyak 46 orang dinyatakan telah selesai diobservasi selama 14 hari dan sehat, sehingga jumlah ODP di Balikpapan sebanyak 220 orang

Kepada warga yang diobservasi di rumah, DKK meminta untuk disiplin mematuhi teknis isolasi diri atau karantina mandiri, yakni tidak keluar rumah (tetap di kamar), meningkatkan asupan gizi, menjaga kebersihan, dan tetap berkomunikasi dengan petugas setempat.

Dio mengatakan, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Balikpapan saat ini ada 14 orang. “Setelah kemarin 10 orang yang suspect dinyatakan sehat, hari ini ada sebanyak 4 orang yang kembali dinyatakan sehat sehingga totalnya sebanyak 14 orang,” ujarnya. 

Baca Juga: Satu Warga Positif Corona, Balikpapan Tetapkan Status KLB COVID-19

Berita Terkini Lainnya