TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mantan Pasien COVID-19 Donorkan Plasma Konvalesen, Bantu Pasien Berat

Ubah stigma penderita COVID-19, jadi pahlawan kemanusiaan

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto (tengah), Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa (kiri), dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty (baju biru) saat acara donor darah konvalesen di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Kodim 0905 Balikpapan yang merupakan bagian dari Tim Satgas COVID-19 menggelar donor darah plasma konvalesen untuk menghadapi gelombang kedua atau second wave pandemik COVID-19 di Balikpapan.

“Donor darah konvelesen ini menurut para ahli epidemologi, bisa menjadi terapi bagi para penderita COVID-19. Nah, tentu menjadi solusi ditengah peningkatan yang cukup siginifikan," kata Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, saat meninjau pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen di Makodim 0905 Balikpapan, pada Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Tenaga Kesehatan di Balikpapan Wajib Bersedia Divaksin COVID-19

1. Pendonor plasma konvalesen merupakan pahlawan Kemanusiaan

Donor darah plasma konvalesen di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Heri menyebut, para pendonor plasma darah yakni warga yang berasal dari berbagai elemen mulai dari masyarakat umum, karyawan swasta, ASN, TNI/Polri ini layak disebut sebagai pahlawan kemanusiaan.

“Setetes darah mereka mantan penderita COVID-19 ini mampu menyembuhkan orang yang menderita COVID-19, atau paling tidak menyelamatkan nyawa penderita yang tengah berjuang melawan penyakit ini, mudah-mudahan ini menjadi ibadah,” ujar Heri.

Jenderal bintang dua ini juga mengajak warga Kaltim untuk sama-sama memerangi COVID-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. Sementara bagi pasien COVID-19 yang sudah sembuh agar mau mendonorkan plasma darahnya.

“Kita saat ini belum selesai menghadapi COVID-19, untuk itu mari kita bersama-sama menjaga diri kita masing-masing sambil menunggu penyuntikan vaksin dan obat-obatan lainnya yang masih dikembangkan,” tegasnya.

2. Sebanyak 210 pendonor yang sumbangkan plasma darahnya

Donor plasma konvalesen di Balikpapan pada 7 Januari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Pelaksanaan donor plasma konvalesen ini diikuti 210 orang. Kegiatan ini sudah kedua kalinya digelar oleh Kodim 0905 Balikpapan. 

“Kegiatan ini dilaksanakan dilatarbelakangi lonjakan kasus COVID-19 yang luar biasa di Balikpapan. Dimana perhari kemarin sudah ada  (penambahan)106 orang yang terpapar,” ujar Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Agung mengatakan, donor plasma ini akan diberikan kepada penderita COVID-19 yang dalam perawatan di sejumlah ICU di beberapa rumah sakit rujukan.

“Selama ini ada stigma negatif di masyarakat bagi penderita COVID-19. Nah, kegiatan ini kita memanggil mereka untuk berani tampil sebagai pahlawan kemanusian,”jelasnya.

Untuk diketahui, plasma darah konvalesen dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatan antibodi para pasien COVID-19 atau imunisasi pasif, terutama bagi mereka yang mengalami gejala berat dan mengancam jiwa.

Baca Juga: Melonjak, Positif COVID-19 Balikpapan Bertambah 106 Kasus 

Berita Terkini Lainnya