TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Logo IKN akan Menumbuhkan Semangat Jati Diri Bangsa

Pemprov Kaltim mendukung pembangunan IKN

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Samarinda, IDN Times - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyambut baik peluncuran logo baru Nusantara yang menurutnya sejalan dengan semangat kehadiran Ibu Kota  Nusantara yakni menumbuhkan semangat jati diri bangsa sebagai bangsa yang besar dan majemuk, serta menggugah kesadaran untuk menjaga alam dan lingkungan, serta ekosistem lainnya.

“Dengan peluncuran logo baru Nusantara ini, marilah kita dukung bersama sukses pembangunan IKN karena sukses IKN adalah sukses kita semua, sukses Indonesia kita bersama,” kata Gubernur Isran Noor dilaporkan Antara, Selasa (30/5/2023). 

Baca Juga: Jemaah Haji Samarinda akan Berangkat Lewat Embarkasi Balikpapan

1. Gubernur Kaltim menghadiri peluncuran logo IKN

Presiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers, Media Kepresidenan

Pada kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor ikut menghadiri acara Pengumuman Pemenang Sayembara dan Peluncuran Logo Nusantara di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Isran mengungkapkan bahwa IKN dibangun dalam rangka mencapai pemerataan keadilan sosial dan ekonomi menuju Indonesia sebagai negara maju serta mempercepat perubahan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Sementara logo yang diluncurkan mencerminkan visi dan misi IKN, oleh karena itu pemerintah mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi untuk memilih logo IKN yang baru pemilihan logo baru dilakukan secara terbuka. 

2. Presiden Joko Widodo meluncurkan logo Nusantara

Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Peluncuran logo Nusantara dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo disaksikan para menteri terkait, Panglima TNI dan Kapolri, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) M Hamdam didampingi para camat dan lurah di Sepaku. 

“Logo ini akan menjadi identitas visual bagi IKN,” tegas Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan. 

“Logo yang terpilih adalah logo dengan pemilih terbanyak. Jadi bukan presiden ini pilihan rakyat langsung. Pemilihnya juga banyak 500an ribu peserta. Ingat, hati-hati. Bukan dipilih presiden,” ucap Presiden Joko Widodo lagi.

Logo terpilih adalah logo pohon hayat yang didesain oleh Aulia Akbar Pohon Hayat adalah pohon kehidupan. “Kita berharap pohon hayat ini menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia nantinya,” beber Presiden.

Baca Juga: Enam Kasus Berhasil Diselesaikan Kejari Samarinda dengan Car RJ

Berita Terkini Lainnya