Cegah COVID-19, Hasil Ujian Sekolah di PPU Bisa Diakses Lewat Internet

Hasil ujian sekolah SD dan SMP diumumkan pada Juni mendatang

Penajam, IDN Times - Lantaran virus corona merebak semua kegiatan bersalin online atau dalam jaringan (daring). Termasuk pengumuman hasil ujian sekolah pelajar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Namun pemberitahuan kelulusan itu beragam. Misalnya saja tingkat SMP pada 5 Juni sementara SD 15 Juni.

"Pengumuman hasil ujian tahun lalu dilakukan manual, tetapi tahun ini kami gelar secara online. Jadi para siswa atau orangtua peserta didik tidak perlu datang ke sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin kepada IDN Times pada Jumat (24/4) di Penajam.

1. Pengumuman hasil ujian sekolah SD dan SMP di PPU dilaksanakan pada Juni 2020

Cegah COVID-19, Hasil Ujian Sekolah di PPU Bisa Diakses Lewat InternetKantor Disdikpora PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia menerangkan, sesuai dengan kalender pendidikan tahun ini tidak ada pelaksanaan ujian nasional (UN) akibat wabah COVID-19, maka yang diumumkan hanya nilai ujian sekolah pada 5 Juni untuk tingkat SMP/MTs sementara SD/MI pada 15 Juni. Pelaksanaan ujian sekolah sendiri berlangsung pada 13-17 April.

"Sementara ujian sekolah untuk tingkat pendidikan SD/MI dilaksanakan pada pertengahan Mei depan. Semua kegiatan dilakukan secara online," tegasnya. 

2. Handphone salah satu peserta ujian sekolah online rusak, sekolah inisiatif ujian susulan

Cegah COVID-19, Hasil Ujian Sekolah di PPU Bisa Diakses Lewat InternetKepala Disdikpora PPU, Alimuddin (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia menerangkan bila pelaksanaan ujian online tingkat SMP beberapa waktu lalu, berjalan lancar tanpa kendala, kecuali ada satu peserta ujian yang handphonenya rusak. Solusinya ialah menjemput siswa, kemudian ke sekolah untuk mengikuti ujian sendiri di sekolah menggunakan laptop yang telah disiapkan.

"Hasil US tersebut, langsung dikelola oleh masing-masing sekolah, beda dengan ujian akhir sekolah (UAS) hasil jawaban peserta ujian langsung dikirim ke provinsi untuk dinilai," sebutnya.

Terkait dengan hasil US,  Alimuddin menjelaskan, dalam setiap kegiatan ada dua hal yang menjadi prioritas yakni proses dan hasil, sekarang dengan situasi seperti ini semua harus realistis tentu hasil ujian tidak semaksimal seperti pada kondisi normal.

3. Berharap pandemik virus corona cepat berakhir di PPU

Cegah COVID-19, Hasil Ujian Sekolah di PPU Bisa Diakses Lewat InternetPelaksanaan ujian secara online kepada siswa yang berada di rumah masing-masing (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia menambahkan, untuk pengambilan ijazah akan melihat situasi dan kondisi nanti, kalau ternyata kondisi tidak memungkinkan maka akan dilakukan pengaturan agar tidak terjadi kerumunan.

"Kita berharap situasi seperti ini bisa cepat berlalu dan kembali normal seperti sedia kala," tutup Alimuddin.

Topik:

Berita Terkini Lainnya