Hasil Rapid Test Positif, PDP COVID-19 di PPU Jadi 7 Orang

2 kasus baru, salah satunya terkait dengan klaster Gowa

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terkait penanganan COVID-19, dr. Arnold Wayong, mengatakan, saat ini per Sabtu (4/4) jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di PPU kembali bertambah menjadi tujuh orang.

"Saat ini jumlah PDP kita menjadi tujuh orang karena ada penambahan dua orang PDP lagi dan semua masih menjalani isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU," ujarnya kepada IDN Times,  saat dijumpai di ruang media center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU

1. PDP menjalani rapid test dan tes swab

Hasil Rapid Test Positif, PDP COVID-19 di PPU Jadi 7 OrangPetugas gabungan Posko Pengetatan Pengawasan saat melakukan pemeriksaan pendatang di pelabuhan umum Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, dua orang PDP itu satu berada di Kecamatan Penajam di wilayah kerja UPT Puskemas Penajam dan satu di UPT Puskesmas Petung. PDP ini masuk ke ruang isolasi RSUD PPU Sabtu pagi. 

Mereka telah menjalani rapid test  COVID-19 dan mendapatkan hasil positif. Pemeriksaan dilanjutkan dengan tes swab tenggorokan dan hidung atau PCR (Polymerase Chain Reaction) yang diyakini lebih akurat untuk memastikan kondisi PDP tersebut. 

Salah satu PDP baru ini masih terkait dengan klaster Gowa, Sulawesi Selatan. Sementara, satu orang PDP lainnya masih ditelusuri riwayat perjalanannya oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

Mereka mengeluh batuk, pilek, dan demam. Keduanya mendapatkan perawatan bersama PDP lainnya di RS Ratu Aji Putri Butong yang telah menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona di Kalimantan Timur.

Baca Juga: 4 Peserta Ijtima Gowa Asal Penajam Positif COVID-19 Versi Rapid Test

2. ODP di Penajam Paser Utara kini berjumlah 73 orang

Hasil Rapid Test Positif, PDP COVID-19 di PPU Jadi 7 OrangInfografis COVID-19 PPU Update 4 April 2020 (Dok. Pemkab PPU)

Sementara itu, lanjutnya, untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) kini berjumlah 73 orang. Tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Penajam sebanyak 33 orang, lalu Kecamatan Waru 7 kasus. Kemudian untuk Kecamatan Babulu sebanyak 24 kasus sementara Kecamatan Sepaku 9 kasus.

3. ODP yang selesai pemantauan berjumlah 62 orang

Hasil Rapid Test Positif, PDP COVID-19 di PPU Jadi 7 Orangdr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Menurutnya, saat ini masyarakat PPU patut bersyukur karena jumlah total ODP yang selesai pemantauan terus bertambah dan saat ini berjumlah 62 orang.

"Saat ini jumlah kasus yang ditangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU total 142 kasus terdiri dari ODP 73 orang, PDP tujuh dan sebanyak 62 orang ODP yang telah selesai pemantauan," pungkasnya.

Baca Juga: Penanganan COVID-19, Anggaran Proyek Fisik di Balikpapan Disetop

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya