Ini Universitas Pertama akan Bangun Kampus di IKN Nusantara

Berharap miliki dampak positif

Penajam, IDN Times - Yayasan Sanata Dharma (YSD) Yogyakarta akan membangun kampus di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim). PPU-Kutai Kartanegara (Kukar) resmi ditunjuk sebagai pusat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sesuai Undang-Undang sudah diresmikan DPR RI. 

Yayasan ini menaungi berdirinya Universitas Sanata Dharma (USD) yang memiliki beberapa cabang pendidikan tinggi di Indonesia. Perwakilan yayasan pun sudah menemui langsung Plt Bupati PPU Hamdam di kantornya.  

“Sehubungan dengan rencana pengembangan kampus USD yang dikelola oleh badan penyelenggara YSD Yogyakarta ini, kami mohon restu dan dukungan kepada bapak Plt. Bupati PPU, Hamdam terhadap rencana pembangunannya di Kabupaten PPU,“ kata salah satu Rektor USD Johanes Eka Priyatma saat melakukan audiensi di Kantor Pemkab PPU, Jumat (18/2/2022).

1. Perwujudan cita-cita untuk berkontribusi nyata bagi pengembangan SDM

Ini Universitas Pertama akan Bangun Kampus di IKN NusantaraIlustrasi salah satu kampus USD atau Universitas Sanata Dharma (usd.ac.id)

Ia menjelaskan, YSD punya rencana induk pengembangan kampus sebagai perwujudan cita-cita pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Di mana di dalamnya terdapat pengembangan karya di Kaltim.

Dan itu merupakan keputusan yang telah ditetapkan pengurus YSD. 

“Dalam jangka panjangnya  Kaltim akan menggantikan Jakarta sebagai pusat Indonesia. Pemindahan Ibu Kota Negara Nusantara tersebut serta besarnya potensi yang dimiliki Kalimantan Timur juga akan memunculkan berbagai kebutuhan layanan baru termasuk dalam bidang pendidikan dan sosial di tengah masyarakat,” sebutnya di hadapan sejumlah pejabat Pemerintahan Kabupaten PPU.

Dengan pengembangan karya pendidikan tinggi dan sosial di Kaltim ini, ia berharap akan memiliki dampak positif secara besar khususnya di Kabupaten PPU karena bakal memunculkan berbagai kebutuhan layanan baru. 

Baca Juga: Dua Wilayah di Sepaku PPU Dukung Pemekaran Kecamatan

2. Kabupaten PPU dukung pihak yang majukan dunia pendidikan di daerah

Ini Universitas Pertama akan Bangun Kampus di IKN NusantaraPlt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam memberikan arahan dan saran ke sejumlah rektor USD dan pengurus YSD (IDN Times/ Ervan)

Menanggapi keinginan tersebut, Hamdam mengatakan, PPU selalu mendukung seluruh pihak yang mempunyai kepentingan positif bagi masyarakat ke depan. Dalam hal seperti disampaikan pihak yayasan dalam turut membantu mengembangkan potensi SDM masyarakat.

"Apalagi tujuannya sangat jelas untuk memajukan dunia pendidikan di daerah dan berdampak pada peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakat sendiri, yang dibutuhkan masyarakat untuk mempersiapkan diri IKN kelak," sebutnya.

3. Jangan buru-buru memutuskan lokasi di seputar Ibu Kota Negara agar tidak tergeser

Ini Universitas Pertama akan Bangun Kampus di IKN NusantaraPresiden RI Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat menujuk kawasan bakal IKN yang berkontur penggunungan (IDN Times/ Istimewa)

Namun Hamdam, memberikan masukan agar kampus USD tidak terlalu cepat atau buru-buru memutuskan untuk mencari lokasi di seputaran Ibu kota Nusantara.Tetapi mencari lokasi alternatif lain, karena bisa saja kawasan tersebut masuk dalam kawasan pusat IKN sehingga dikhawatirkan keberadaannya dapat dievaluasi. 

Hal ini perlu dilakukan karena, pemerintah pusat tentu telah melakukan rencana penataan wilayah di kawasan IKN Nusantara. Sehingga YSD dapat lebih teliti ketika menetapkan lokasi kegiatan universitas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran Universitas Sanata Dharma yang telah berkunjung ke kabupaten PPU. Semoga cita-cita mulia ini untuk memajukan dunia pendidikan kita khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara segera terwujud, “ tutupnya.

Baca Juga: Wewenang Terbatas, BNK PPU Usulkan Perubahan Jadi BNNK 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya