Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan Bandara

Berharap dikaji ulang dan dan minta dilibatkan

Balikpapan, IDN Times - Hampir dua pekan sejak beroperasinya Bus Damri dengan rute Balikpapan-IKN Nusantara. Rupanya tak semua pihak menyambut baik. Karena nyatanya ini membuat operator angkutan yang beroperasi secara resmi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Sepinggan Balikpapan khawatir.

Pasalnya sebelum menuju ke IKN dari Kota Balikpapan, Bus Damri melalui tiga titik pemberhentian. Yakni Pelabuhan Semayang-Bandara-Terminal Batu Ampar. Masalah muncul setelah adanya dugaan dilakukannya drop penumpang di luar dari tiga titik itu.

“Kami dapat laporan mereka menaikan dan menurunkan penumpang di luar titik yang sudah ditentukan. Jika benar adanya, jelas ini menyalahi ketentuan,” kata Manajer Koperasi Karyawan Angkasa Pura (Kokapura) Cabang Bandara SAMS Sepinggan Alex Adam, Sabtu (12/11/2022).

1. Angkutan umum merasa dirugikan

Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan BandaraBandar Udara Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur. Foto Bandara Sepinggan Balikpapan

Persoalan tak hanya mengenai pengangkutan dan pemberhentian saja, ia juga mempermasalahkan Bus Damri yang mengangkut penumpang umum. Padahal saat diresmikan, operasional Damri hanya untuk melayani calon pekerja ataupun wisatawan yang ingin menuju IKN ataupun dari IKN menuju Balikpapan.

"Tapi faktanya ada penumpang umum dari bandara ke pelabuhan dan sebaliknya. Ini jelas saja merugikan operator yang sudah eksisting di sepanjang jalur pelabuhan menuju bandara dan sebaliknya," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya meminta operasional Damri di dalam kota dikaji ulang oleh BPTD. Bagi operator angkutan resmi di dalam bandara, kehadiran Damri jelas saja menurunkan jumlah penumpang untuk angkutan mereka. 

Padahal mereka selama ini juga mesti bersaing dengan taksi gelap yang masih beroperasi di dalam maupun di dalam bandara. "Semestinya, ada kebijakan yang disusun sehingga operator resmi yang sudah ada tidak semakin terjepit," ungkapnya.

2. Sarankan layani rute lain

Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan BandaraPekerja menyelesaikan persiapan jelang seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Ia pun menuturkan, Damri mestinya lebih fokus melayani rute-rute yang selama ini jarang disentuh. Misalnya saja, Balikpapan-Melak, Balikpapan-Berau yang sebenarnya jadi rute yang cukup potensial.

“Kalau rutenya dari terminal (Batu Ampar) menuju Melak atau IKN (Sepaku), kami justru mendukung dan mengapresiasi, sebab tarifnya pasti lebih terjangkau. Bahkan kami siap mensupport angkutan dari bandara menuju terminal,” kata dia.

Oleh sebab itu, dia berharap ada kebijakan dari pemerintah agar operator angkutan swasta bisa dapat kesempatan untuk melayani angkutan menuju IKN lewat jalur lelang. 

“Kami siap saja jika disubsidi seperti Damri. Kami memiliki kemampuan menyiapkan armada yang sesuai dengan ketentuan pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga: Daftarkan Dirimu Jadi Pejabat di IKN Nusantara, Yuk Lihat Syaratnya!

3. Akan tindaklanjuti laporan

Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan BandaraKepala BPTD XVII Kaltim-Kaltara Muiz Thohir (IDN Times/Riani Rahayu)

Menanggapi hal ini, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltimra, Muiz Thohir mengaku terbuka dengan usulan dan saran berbagai pihak. Terkait adanya laporan melakukan drop penumpang di luar dari tiga titik itu, Muiz menegaskan pihaknya akan memberikan peringatan. 

Ia menegaskan, Bus Damri hanya diperkenankan menaikan dan menurunkan penumpang di titik yang sudah ditentukan. Yakni meliputi Pelabuhan Semayang, Bandara SAMS Sepinggan, Terminal Batu Ampar dan Sepaku.

“Kami akan peringatkan jika didapati menurunkan penumpang di luar titik. Damri harus ikuti ketetapan. Kecuali jika nanti ada evaluasi,” ungkapnya.

Selanjutnya operasional Damri akan terus dievaluasi. Terlebih bus Damri sejatinya belum sepenuhnya beroperasi di kawasan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Justru laporan dari Damri, rute dari Terminal Batu Ampar yang paling ramai.

“Masih ada perjanjian business to business antara Damri dengan AP I Bandara SAMS Sepinggan yang mesti dituntaskan dulu. Untuk dapat beroperasi di dalam Bandara SAMS Sepinggan, Damri juga wajib mengikuti aturan yang sama dengan operator angkutan darat yang selama ini beroperasi secara resmi di dalam bandara," jelasnya. 

4. BPTD Wilayah XVII Kaltimra terbuka pada usulan terkait rute

Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan BandaraIlustrasi Bus DAMRI layani Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). (dok. Perum DAMRI)

Untuk Pelabuhan Semayang, Damri sudah menjalin kesepakatan dengan Pelindo IV Balikpapan. “Kalau di Pelabuhan Semayang armada Damri sudah bisa masuk ke kawasan pelabuhan,” imbuhnya.

Dia juga tak menampik, pengoperasian Damri melayani rute Balikpapan menuju IKN memang disiapkan untuk mengangkut pekerja di proyek IKN. Hanya saja, dalam perjalanannya, ini juga akan dievaluasi. Sebab, kata dia, ada juga masyarakat yang ingin agar Damri bisa masuk ke Titik Nol.

“Ini baru awal, jadi kami masih sangat terbuka dengan segala kemungkinan. Termasuk soal usulan menyiapkan rute-rute lain dari Balikpapan,” terang Muiz.

Soal kekhawatiran operator, Muiz berusaha menenangkan. Dia menyebut, hadirnya Damri murni untuk melayani kebutuhan masyarakat. Dia pun juga memberi lampu hijau, terbuka memberi ruang bagi operator untuk ambil bagian menyediakan layanan transportasi darat bagi masyarakat.

Berkacara dari pengalamannya saat berdinas di Bali, Muiz menyebut operator angkutan membentuk konsorsium dan mengikuti lelang untuk melayani angkutan darat. “Awalnya (di Bali) disubsidi, sekarang sudah berbayar. Di Balikpapan nanti tergantung operator, apakah bisa ke arah sana,” tandasnya.

Baca Juga: Switch Off TV Analog di Balikpapan, 6.879 Warga Diajukan Terima STB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya