Bupati Ismu Apresiasi KPC Eksis Tangani Bibir Sumbing 

23 anak masuk kamar operasi

Sangatta, IDN Times - Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar menyanjung tinggi PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang sejak 1993 hingga 2019 terus eksis memberikan perhatian besar khususnya untuk anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing di Kutim. Saat memberi testimoni kegiatan bakti sosial program senyum dan harapan operasi bibir sumbing dalam rangkaian HUT ke-37 PT KPC, Bupati Ismunandar berterima kasih atas nama Pemkab Kutim.

“PT KPC terus peduli untuk anak-anak di Kutim khusus yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing. Saya harap anak-anak yang lahir dengan sumbing bibir dan langit-langit memiliki kesempatan demi hidup seutuhnya dan hidup produktif untuk mendapatkan senyum dan hidup baru menjalani kehidupan normal yang bahagia selayaknya kita,” jelas Ismu saat memberikan sambutan singkat di Pelangi Room, Hotel Royal Victoria, Kamis (25/4/2019).

Bupati Ismu menambahkan, keluarga ataupun sanak saudara yang menderita celah bibir dan langit-langit agar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan penanganan operasi selama kegiatan.

"Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi keluarga penderita yang kurang mampu,” tutur Bupati Ismu.

1. Para dokter yang terlibat memiliki jam terbang dan kemampuan baik dalam operasi bedah plastik

Bupati Ismu Apresiasi KPC Eksis Tangani Bibir Sumbing IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Sementara itu, GM External Affairs and Sustainable Development KPC Wawan Setiawan melaporkan, program tersebut memang menjadi salah satu andalan CSR dalam bidang kesehatan masyarakat. Tahun ini untuk pertama kalinya operasi diselenggarakan di RSUD Kudungga.

“Kami bekerja sama dengan RSUD Kudungga yang mendapatkan kehormatan sebagai rumah sakit penyelenggara operasi. Sebelumnya, operasi kerap digelar di Clinic SOS, RSUD AW Syahrani Samarinda, RS Restu Ibu Balikpapan, dan RSUD Kanudjoso Balikpapan. Selain itu, tim medis bedah plastik terdiri dari lima orang Indonesia yang berasal dari Yayasan Smile Train dan Cleft Lip Palate Centre dari Surabaya yang dipimpin dr Lobredia Zarasade,” kata Wawan.

Wawan menambahkan, para dokter memiliki jam terbang dan kemampuan yang baik dalam operasi bedah plastik.

2. Kegiatan operasi bibir sumbing tersebut telah dilakukan sejak 1993 silam

Bupati Ismu Apresiasi KPC Eksis Tangani Bibir Sumbing IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Sebelumnya, kegiatan operasi bibir sumbing dan luka bakar bekerja sama dengan tim dokter dari Interplast Australia dan New Zealand. Kegiatan bersama tim Interplast berlangsung sejak 1993 dan sebanyak 19 kali.  

Pada 2019 ini merupakan operasi yang ke-20 dilakukan PT KPC. Hanya saja, lebih fokus terhadap pasien bibir sumbing, tanpa pasien luka bakar. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (26-28/4).

“Kegiatan operasi bibir sumbing ini telah kami lakukan sejak 1993 silam. Terakhir kali kami lakukan pada 2013 bersama dokter dari Interplast Australia dan New Zealand. Sekarang kami lakukan lagi bersama Yayasan Smile Train. Jumlah pasien yang dioperasi sebanyak 1.373 orang. Kami harapkan kegiatan kali juga berjalan sukses sehingga pasien bisa menatap masa depan yang lebih cemerlang,” tutur Wawan.

3. Kegiatan operasi ini turut didukung berbagai perusahaan subkontraktor dan berbagai lembaga jasa

Bupati Ismu Apresiasi KPC Eksis Tangani Bibir Sumbing IDN Times/Humas Kutai Timur

Senada, Ketua Tim Medis dari Cleft Lip Palate Centre dari Surabaya dr Lobredia Zarasade mengutarakan, pasien yang terdaftar 30 orang. Mereka diinapkan di Wisma Prima KPC untuk memudahkan tim medis dalam proses operasi berlangsung.

“Dari hasil screening yang dapat dioperasi hanya 23 orang, sementara tujuh pasien lain sementara tidak bisa dioperasi, harus dirujuk ke Surabaya terlebih dahulu untuk ditangani  detail secara medis karena kondisi sumbing dan langit-langitnya cukup berat,” ungkap Lobredia.

Untuk diketahui, kegiatan operasi ini turut didukung berbagai perusahaan subkontraktor dan berbagai lembaga jasa, seperti PT PAMA Persada, PT MKN, PT AELINDO, Hotel Victoria, dan Helda Travel.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya