Cuti Bersama dan Hari Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap Beroperasi

Tetap berikan pelayanan seperti biasa, khususnya UGD

Sangatta, IDN Times – Masyarakat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan kesehatan saat cuti bersama pegawai atau lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah nanti. Pasalnya, Dinas Kesehatan selaku leading sector pelayanan kesehatan, membawahi Puskesmas se-Kutim dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangkulirang telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk tetap memberikan pelayanan ekstra.

“Menyampaikan di bulan Ramadan untuk menyambut lebaran, kami sudah mempersiapkan seluruh Puskesmas untuk terus-menerus operasional. Terutama untuk Unit Gawat Darurat (UGD). Jadi nanti di hari libur nasional akan terus buka melayani pasien seperti hari-hari biasa,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Hariyati mewakili kepala dinasnya.

Kepada seluruh peserta rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Kabupaten Irawansyah di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Senin (20/5/2019), Hariyati menjelaskan pula mekanisme jajarannya dalam memberikan pelayanan prima walaupun cuti massal nanti. Yakni petugas menggunakan jadwal dari pagi, siang, dan malam.

1. Puskesmas tetap sediakan obat-obatan dan UGD di Kutim perlu ada dokter yang menjaga

Cuti Bersama dan Hari Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap Beroperasipixabay.com

Sebagai pendukung kelancaran operasional, seluruh Puskesmas di Kutim diminta untuk mempersiapkan obat-obatan. Khususnya untuk penanganan yang sifatnya darurat.

“Kami juga sudah menginstruksikan seluruh rumah sakit yang ada di Kutim untuk terus membuka UGD-nya dan mempersiapkan dokter jaga di setiap rumah sakit selama lebaran,” tegasnya.

2. Dinkes Kutim menggandeng Dinas Perindustrian turun lapangan mengontrol makanan yang sudah kedaluwarsa

Cuti Bersama dan Hari Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap Beroperasiunsplash.com/Charisse Kenion

Dinkes Kutim sendiri bersinergi dengan Dinas Peindustrian turun lapangan mengecek bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Terakhir, juga telah membuka clinic center yang berada di daerah Teluk Lingga terutama untuk korban kecelakaan berkendara selama lebaran.

3. Dengan adanya kesiapan dari seluruh tenaga medis, berikan kemudahan masyarakat Kutim untuk berobat

Cuti Bersama dan Hari Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap BeroperasiIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Seskab H Irawansyah menyambut baik informasi dan strategi pelayanan prima yang disampaikan Sekretaris Dinkes. Sebagai penegasan, Irawansyah mengatakan bahwa UGD memang wajib beroperasi. Terutama untuk penanganan pasien yang sangat membutuhkan. Selain itu RSUD Kudungga juga dipastikan beroperasi seperti biasa.

“Mudah-mudahan dengan adanya kesiapan dari seluruh tenaga medis saat lebaran, mampu memberikan kemudahan dalam berobat untuk masyarakat Kutim,” tutupnya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya