Berkunjung ke Pantai Batu yang Unik di Balikpapan

Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini

Balikpapan, IDN Times - Balikpapan merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Terdapat pantai yang unik dengan keindahan alamnya. Sebut saja pantai benua Patra, atau yang lebih dikenal dengan Pantai Batu Balikpapan.

Pantai ini memiliki beragam daya tarik yang mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung. Jadi bagi yang suka bepergian ke pantai, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Batu. Berikut ini beberapa keunikan yang dimiliki Pantai Batu Balikpapan.

1. Daya tarik

Berkunjung ke Pantai Batu yang Unik di BalikpapanPantai Batu yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur (https://jejakpiknik.com)

Ada keunikan dan daya tarik dari pantai batu atau yang berasal dari nama pantai Banua Patra. Untuk pengunjung yang memiliki hobi fotografi, banyak spot yang bagus untuk dijadikan spot. Banyaknya batu-batu alami yang terhampar di sekitar pantai membuat tidak adanya aktivitas permainan air di pantai tersebut. Karena dianggap membahayakan dan penuh risiko. Oleh karenanya lokasi pantai ini lebih cenderung dijadikan spot fotografi. Lokasinya yang berada di sebelah barat membuatnya mudah untuk melihat Sunset dan diabadikan dalam bentuk gambar maupun foto. 

Lokasi pantai ini memang sangat cocok disebut sebagai privat beach. Ini dikarenakan jarangnya wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut. Sebab tidak ada warung ataupun tempat penyewaan alat olahraga air. Jadi lokasi ini sangat tepat jika dijadikan sebagai spot untuk berfoto atau spot untuk memancing ikan. Lokasi pantai ini dekat sekali dengan kilang minyak. Sehingga dari sisi biaya pun, untuk masuk pantai batu tidak dikenakan sama sekali. 

2. Penginapan dan fasilitas

Berkunjung ke Pantai Batu yang Unik di BalikpapanPantai Batu yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur (https://jejakpiknik.com)

Penginapan yang tersedia di sekitar wilayah pantai batu cukup beragam. Mulai dari villa cottage, hotel, hingga penginapan untuk wisatawan yang melakukan perjalanan dengan cara backpacker ke Balikpapan. Jadi bagi pengunjung yang memang sudah mengagendakan perjalanan wisata ke Pantai Batu, bisa merencanakan cara berwisata seperti apa. Jika menggunakan cara backpacker, maka dari jauh hari sudah melakukan survei harga tiket dan akomodasi menuju ke Pantai Batu Balikpapan. 

Fasilitas penginapan hingga rumah sakit juga tersedia di sekitar Pantai Batu ini. Bukan hanya sekadar untuk tempat berobat. Rumah sakit di sekitar Pantai Batu juga bisa dijadikan tempat pemeriksaan. Salah satunya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan. Karena sudah tersedia eye spesialis insite di rumah sakit tersebut. Termasuk jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi. 

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Air Terbaik di Balikpapan

3. Lokasi dan biaya

Berkunjung ke Pantai Batu yang Unik di BalikpapanPantai Batu yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur (https://jejakpiknik.com)

Bagi yang belum pernah berkunjung ke Pantai Batu. Ini bisa datang langsung ke alamat, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Kalimantan Timur. Untuk menuju ke lokasi Pantai tersebut, sangat disarankan menggunakan tour guide. Dengan cara ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam di Pantai Batu. Serta keindahan pantai di sekitarnya. Bisa didapatkan dengan cara menggunakan paket wisata menuju ke Pantai Batu yang bisa didapatkan secara online. 

Biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke Pantai Batu Balikpapan tidak membutuhkan biaya besar. Yang perlu dijadikan ke Fokus utama adalah biaya penginapan dan transportasi, karena tiket masuk ke Pantai Batu ini gratis. 

Selain persiapan biaya dan akomodasi, pengunjung juga harus menyiapkan bekal makanan ketika berkunjung ke Pantai Batu. Ini dikarenakan di sekitar pantai tersebut tidak ada ada cafe ataupun tempat makan atau toko yang menjual makanan.

Dari beberapa ulasan tersebut mengenai Pantai Batu. Keunikan yang dimilikinya adalah sedikitnya wisatawan yang datang. Hal ini karena memang tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan di atas air di pantai tersebut. Tidak adanya aktivitas memang diimbau oleh pemerintah dan dilarang. Itu demi keselamatan para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan pantai tetap terjaga.

Baca Juga: Balikpapan Upayakan Tempat Wisata Buka selama Natal dan Tahun Baru

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya