Comscore Tracker

[UPDATE] Bertambah 34, Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Jadi 756

Samarinda masih menjadi penyumbang terbesar

Samarinda, IDN Times - Angka kumulatif kasus COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) terus melonjak menjadi 756 kasus. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kaltim, Andi M Ishak mengonfirmasi terdapat penambahan 34 kasus baru pada Rabu (15/7/2020).

Rincian 34 kasus baru tersebut masing-masing, 1 kasus dari Kabupaten Berau, 1 kasus Kabupaten Kutai Timur, 8 kasus dari Kabupaten Kutai Kartanegara, dan 6 kasus dari Balikpapan.

"Dan dari Samarinda ada penambahan 17 kasus terkonfirmasi," ungkap Andi, Rabu (15/7/2020).

1. Samarinda masih menjadi penyumbang kasus terbanyak hari ini

[UPDATE] Bertambah 34, Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Jadi 756Ilustrasi pasien virus corona. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Dari 17 kasus terkonfirmasi positif dari Samarinda, Andi mengatakan, 12 pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG). Sedangkan 4 lainnya merupakan pasien pelaku perjalanan ke Kalimantan Selatan.

"Satu sisanya berkode SMD 109 merupakan PDP yang ditetapkan tim klinis dan Diskes Samarinda dengan keluhan demam, batuk dan pilek. Pasien sendiri saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD AW Sjahranie," bebernya.

2. Perkembangan keseluruhan kasus COVID-19 di Kaltim

[UPDATE] Bertambah 34, Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Jadi 756Ilustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson)

Selain itu, Andi juga memaparkan keseluruhan kasus COVID-19 yang ada di Kaltim hari ini. Andi mengatakan, terdapat penambahan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 53 kasus dengan total 13.447. Begitupun dengan pasien dalam pemantauan yang mendapatkan 3 kasus baru dengan total kumulatif 890 pasien. Pasien yang masih dalam perawatan bertambah 27 orang dengan total 220 kasus.

"Kasus sembuh juga mengalami penambahan sebanyak 7 pasien dengan total akhir menjadi 519 kesembuhan," imbuhnya.

Baca Juga: Total Kasus Positif COVID-19 Kaltim Melonjak Jadi 642 Kasus

3. Pandemik belum berkahir, masyarakat diminta terus terapkan protokol kesehatan

[UPDATE] Bertambah 34, Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Jadi 756(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Dengan jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Kaltim yang terus melonjak, sekali lagi Andi mengingatkan agar masyarakat tak terlena dan terus menjaga prinsip protokol kesehatan. Menurut Andi, kondisi sekarang belum menunjukan tanda-tanda penurunan kasus yang harus direspons baik oleh semua pihak untuk mencegah penularan yang kian masif.

"Kepatuhan masyarakat menggunakan masker secara nasional masih begitu rendah sekitar 30 persen. 70 persen masih belum patuh. Sekali lagi saya mengingatkan agar semua harus meningkatkan komitmen pelaksanaan protokol dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: [UDPATE] Total Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Mencapai 722 Pasien

Topic:

  • M Zulkifli Nurdin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya