Wadah bagi Pelaku Usaha, Pelantikan Tim IKN Balikpapan Tertunda Lagi

Dorong pertumbuhan ekonomi dan SDM lokal di daerah 

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan kembali menunda jadwal pelantikan tim pengawas pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di daerah. Tim ini sangat penting karena Balikpapan akan menjadi kota penyangga ibu kota baru.

Rencana pembentukan tim IKN sebelumnya telah sempat tertunda pada Oktober 2019 lalu, karena akan dilaksanakan pelantikan bersamaan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke-123 yang jatuh hari ini tanggal 10 Februari 2020.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pihaknya telah menyampaikan rencana pembentukan tim IKN daerah dalam pelaksanaan sidang paripurna di DPRD Kota Balikpapan. Namun untuk pelantikan masih belum dijadwalkan.

"Kita sudah umumkan dalam sidang paripurna, kita tinggal nunggu jadwal pelantikannya," kata Rizal usai menghadiri upacara peringatan HUT Kota Balikpapan ke-123 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Senin (10/2).

1. Tim Pengawas IKN sudah terbentuk, tinggal menanti pelantikan

Wadah bagi Pelaku Usaha, Pelantikan Tim IKN Balikpapan Tertunda LagiWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Mela Hapsari)

Rizal menerangkan tim ini dibentuk dengan melibatkan sejumlah  unsur masyarakat dari Forkopimda, pimpinan instansi, serta tokoh masyarakat.

“Yang terlibat diantaranya untuk dewan penasehatnya berasal Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Wali Kota, Wakil Wali Kota. Lalu, untuk dewan utamanya terdiri dari pimpinan Bank Indonesia, Kadin serta para praktisi seperti arsitek, praktisi hukum dan dokter. Kalau sudah dilantik kita akan buat seminar seperti apa nanti tim ini,” ujarnya.

Baca Juga: Teror Virus Corona Tidak Mempengaruhi Target Wisman Di Balikpapan

2. Jadi wadah berkumpul pengusaha lokal

Wadah bagi Pelaku Usaha, Pelantikan Tim IKN Balikpapan Tertunda LagiKemeriahan acara HUT Kota Balikpapan ke-123 di Lapangan Merdeka, 10 Februari 2020 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pembentukan tim khusus ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi terkait peluang yang dapat dimanfaatkan dalam rencana pemindahan ibu kota negara.

"Sehingga tidak ada komentar dari para pelaku usaha atau unsur lainnya di lokal Balikpapan yang merasa tidak dilibatkan dalam proses pemindahan ibu kota negara," terangnya.

3. Dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah

Wadah bagi Pelaku Usaha, Pelantikan Tim IKN Balikpapan Tertunda LagiBalikpapan Kota Beriman (IDN Times/Mela Hapsari)

Rizal berharap dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur dapat memberikan dampak yang ada dirasakan juga oleh masyarakat lokal.

Khusus dalam bidang ekonomi, agar para pengusaha lokal hingga UMKM dapat merasakan efek pertumbuhan ekonomi saat dilakukan pemindahan ibu kota negara.

“Ini akan menjadi wadah berdiskusi untuk memberikan masukan terkait peluang yang akan dimanfaatkan dalam rencana pemindahan ibu kota negara. Seperti apa yang harus kita lakukan teman-teman dari dari ekonomi kreatif menyangkut bagaimana peluang UMKM atau teman-teman dari bidang transportasi untuk memanfaatkan peluang ini,” terangnya.

Baca Juga: Kurang Tenaga Pengajar, Pemkot Balikpapan Akan Bangun Sekolah Inklusi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya