Jelang Pensiun Wali Kota Bogor, Bima Arya Juga Incar Pilpres 2024?

Mulai belusukan ke kampung nelayan di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Bogor Jawa Barat (Jabar) Bima Arya Sugiarto ternyata juga mempersiapkan diri meramaikan peta politik pemilihan presiden 2024 mendatang. Apalagi sebagai kepala daerah, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini sudah dua periode memimpin Kota Bogor. 

Salah satu langkah politiknya dilakukan dengan melakukan blusukan ke Kampung Pinisi Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) jelang suksesi kepemimpinan pemilu 2024 mendatang

“Ya ada hubungannya dengan tahun 2024 mendatang, sebagai wali kota nah ini persiapan pensiun, artinya kita mencari sebanyak-banyaknya teman, ” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, disela-sela kunjungannya, Rabu (3/11/2021).

1. Fokus sebagai Ketua Apeksi sampai 2024

Jelang Pensiun Wali Kota Bogor, Bima Arya Juga Incar Pilpres 2024?Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto blusukan ke Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Meskipun begitu, Arya Bima tidak secara gamblang mengungkapkan strategi politiknya semasa tidak lagi menjabat sebagai Wali Kota Bogor. Seperti saat jurnalis menyoal blusukannya di Balikpapan apakah akan mengincar posisi calon presiden atau sekadar calon wakil presiden mendatang. 

Menjawab pertanyaan itu, ia menegaskan masih fokus menyelesaikan tugasnya dulu sebagai Ketua Apeksi hingga 2024.

“Saya fokus sebagai Ketua Apeksi sampai 2024,” tegasnya singkat.

Dan terkait, jika ada partai yang meminangnya, Arya Bima mengakui hingga kini belum sinyal-sinyal menuju ke arah tersebut. 

Baca Juga: Tabrakan Karambol Terjadi di Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan

2. Apeksi akan gelar Jambore 2022

Jelang Pensiun Wali Kota Bogor, Bima Arya Juga Incar Pilpres 2024?Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto blusukan ke Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Arya Bima menerangkan kedatangannya ke Kaltim dalam rangka pagelaran Apeksi Komwil V di Samarinda. Sehubungan itu, ia pun meluangkan waktu berinteraksi langsung dengan anak muda di Balikpapan yang berjarak 2 jam perjalanan darat dari Samarinda. 

"Saya sudah berdiskusi dengan Balikpapan Youth Spirit, bercerita banyak apa yang sudah dilakukan untuk Balikpapan," jelasnya.

Dalam mengelola Kampung Pinisi, kata Arya Bima, ternyata ada peran pemberdayaan anak muda serta pemberdayaan ekonomi. 

“Ini keren banget, anak muda yang punya semangat untuk membangun kotanya. Kalau anak muda di seluruh Indonesia seperti ini, dahsyat," ucapnya.

Dikatakannya, di tahun 2022 mendatang, Apeksi akan mengadakan Jambore. Anak muda dari 98 kota di Indonesia akan diundang untuk bertukar pengalaman dalam kepemimpinan.

"Ini agenda kami dan masuk dalam program Apeksi dalam meningkatkan kualitas pemuda di Indonesia," ujarnya.

3. Kunjungi kediaman Kapolda Kaltim

Jelang Pensiun Wali Kota Bogor, Bima Arya Juga Incar Pilpres 2024?Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto blusukan ke Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berencana berkunjung ke rumah jabatan Kapolda Kaltim. Ia pun berencana akan bernostalgia di Kota Balikpapan hari ini karena memiliki kenangan masa muda di Kota ini.

"Saya ingin nostalgia, karena ayah saya di tahun 90-an sempat dinas di sini sebagai Kapolda Kaltim," jelasnya.

Bima mengaku tak sabar ingin berkunjung ke kediaman Kapolda Kaltim. Sebab, rumah tersebut pernah menjadi tempat tinggalnya saat berada di Balikpapan

"Saya nggak sabar melihat tempat yang dulu. Saya mau ke rumah Pak Kapolda juga karena dulu rumah saya di situ. Sekalian makan siang bersama Wali Kota Balikpapan," katanya.

Ia pun menyanjung keasrian dan kebersihan Kota Balikpapan. 

“Kota Balikpapan bertumbuh sangat pesat, cepat, dan luar biasa,” tutupnya.

Baca Juga: Dinsos Balikpapan Ajukan 1.127 Berkas Penerima Bantuan Rp10 Juta

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya